DANA Dukung UMKM Toba Go Digital!

Marketing.co.id – Berita UMKM | Dompet digital DANA menyatakan komitmennya untuk mendukung percepatan transformasi digital UMKM/IKM di wilayah Toba Samosir, Sumatera Utara. Dukungan tersebut juga menegaskan keseriusannya dalam turut mendorong laju pertumbuhan ekonomi kreatif digital di kawasan Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

Baca Juga: UMKM Naik Kelas, Ini Lho 6 Program Strategis KemenkopUKM di 2021

Penegasan komitmen dan dukungan tersebut disampaikan bersamaan dengan partisipasi DANA di kegiatan ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kali ini digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Roadshow UMKM Siap Digital’ sendiri merupakan serangkaian kegiatan di beberapa provinsi dan menjadi bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional melalui pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Performa Positif UMKM di Segmen eCommerce di Era New Normal

Sebagai bentuk dukungannya, DANA mengadakan pelatihan ‘DANA Bisnis’ dan edukasi bertema ‘UMKM Siap Digital’ di tiga lokasi, yaitu Samosir, Toba, dan Dairi. DANA juga menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Del (IT Del) sebagai akselerator terselenggaranya digitalisasi UMKM/IKM di wilayah Toba.

Untuk mendukung keberadaan IT Del sebagai akselerator, DANA berkomitmen menyelenggarakan program alih pengetahuan yang bertujuan membangun pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja serta peluang dan potensi industri digital. Nota kesepahaman antara DANA dan IT Del juga terkait kerja sama kedua belah pihak dalam pengembangan e-retribusi yang menarget delapan kabupaten di sekitar Danau Toba di mana DANA akan memberikan dukungan dari sisi pengembangan teknologi dan implementasinya.

Baca Juga: Agar Usaha Lebih Berkembang, UMKM Cimahi Ikut Program Sertifikasi

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Office DANA mengatakan bahwa transformasi digital merupakan solusi bagi semua sektor dan skala usaha, tak terkecuali UMKM/IKM, agar mampu beradaptasi dengan berbagai dinamika perubahan seperti disrupsi digital serta tantangan-tantangan baru akibat pandemi, sehingga bisnisnya akan terus tumbuh dan berkelanjutan.

Saat ini, pengguna DANA Bisnis tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Pulau Sumatera, jumlah pengguna DANA Bisnis mencapai lebih dari 18.000 dan lebih dari 5.500 di antaranya berada di Sumatera Utara, termasuk UMKM di sekitar Danau Toba.

“DANA melihat besarnya potensi ekonomi kreatif kawasan Toba untuk dikembangkan. Dengan dukungan para pemangku kepentingan dan ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan, kami optimistis mereka akan mampu meningkatkan kualitas produk dan layanannya, menciptakan kebutuhan pasar yang baru, memperluas jangkauan usaha, serta mempercepat respon pasar yang semuanya merupakan fondasi penting bagi keberlanjutan sebuah bisnis,” kata Agustina.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here