Dukung UMKM Ekonomi Hijau, SIRCLO Kembali Hadirkan Program Panen Omset 2023

Marketing.co.id  –  Berita UMKM | Meskipun masih pelaku usaha yang belum mengadopsi ekonomi hijau dikarenakan minimnya pembekalan praktis yang mudah diimplementasikan, namun merujuk pada studi World Economic Forum 2020, transisi menuju ekonomi hijau diproyeksikan dapat memberikan peluang bisnis senilai 10 triliun dolar Amerika Serikat dan menciptakan 395 juta lapangan kerja pada tahun 2030.

Dalam misinya mengakomodasi pelaku UMKM menyongsong ekonomi hijau, penyedia solusi omnichannel commerce SIRCLO kembali menghadirkan program Panen Omset 2023. Pada gelaran tahun ini SIRCLO berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia (UUS Maybank Indonesia).

CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO, Ferry Tenka mengatakan, tingginya antusias peserta pada Panen Omset tahun lalu memupuk semangat kami untuk mengembangkan program tersebut agar semakin relevan dan efektif dalam menunjang performa bisnis UMKM.

Baca juga: Arsjad Rasjid: Idul Adha Jadi Momentum Peningkatan UMKM ASEAN

“Dengan timbulnya urgensi nasional terhadap implementasi ekonomi hijau, kami memahami pentingnya proses sosialisasi hingga pembekalan komprehensif yang dapat diterima dengan baik oleh pelaku UMKM. Maka dari itu, program Panen Omset tahun ini telah kami rancang sebagai panduan guna memudahkan pelaku usaha mengambil langkah awal dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan,” katanya.

Batch Pertama dari Panen Omset 2023 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan. Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia   menyampaikan, sebagai bagian dari konglomerasi perbankan terbesar di kawasan ASEAN, Maybank Group percaya bahwa pelatihan ‘Panen   Omset’ dapat mendukung salah satu strategi besar Maybank, yakni strategi M25+ yang berfokus kepada pengembangan pasar solusi keuangan syariah di Tanah Air, dan di saat yang sama, melaksanakan salah satu amanat prinsip ekonomi syariah yaitu mengelola sumber daya yang ada demi kemaslahatan bersama.

Program pelatihan ini nantinya akan mencakup Modul Pelatihan Bisnis Digital, Pelatihan Digital Marketing dan Branding, serta Sosialisasi dan Pendampingan Konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Bagi para peserta UMKM yang telah mendaftar dan lulus kurasi pendaftaran berkesempatan untuk memenangkan total hadiah 50 juta rupiah. Tiga pemenang utama yang terpilih akan mendapat hadiah berupa akses permodalan senilai 12 juta rupiah, perluasan akses pasar, kesempatan mengadakan showcasing di NAKAMA.id dan NAKAMA Creative Hub. Terdapat juga hadiah tambahan seperti giveaway top up saldo e-wallet sebesar 500 ribu rupiah bagi 28 peserta terpilih dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 19 peserta terpilih.

Selain pembekalan strategi bisnis berkelanjutan hingga pengantar ekonomi hijau, seluruh program intensif yang tersedia di Panen Omset 2023 juga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kompetensi bisnis dan literasi digital pelaku UMKM.

Baca juga: Kementerian BUMN RI Gandeng Tokopedia Luncurkan ‘Rumah BUMN’, Targetkan 30 Juta UMKM Digital

“UMKM di 2023 itu jumlahnya sudah mencapai 65 juta tapi yang go digital baru 20 juta. Peran Social Bread hadir justru untuk membantu meningkatkan UMKM go digital dan sukses bisnis nya melalui digital, berharap dengan adanya Panen Omset ini bisa menjadi langkah awal yang baik,” ujar Ester Jeanette, CMO & Co-Founder Social Bread.

Pada peluncuran perdananya di tahun 2022, program Panen Omset dilaksanakan di 11 Kota, di mana SIRCLO berhasil memperkenalkan fitur Cekatan (Check-Out Satu Halaman) yang dapat membantu pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka secara lebih efektif dan efisien. Dengan fitur ini, para pelaku UMKM dapat membuat toko online dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa memerlukan kemampuan atau pengalaman dalam coding maupun desain website.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here