Edukasi Wirausaha, Asia Multidana Gandeng Hamka Hamzah

0
143
(Kiri-kanan) Kosmas Chandra (Direktur Utama PT Asia Multidana), Angga Wirastomo (Jersey Forum), Adrian Dwitomo (Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Jaya) dan Hamka Hamzah (Pesepakbola Indonesia) berpose bersama usai diskusi "From Football to Enterpreneur" di Jakarta, Senin (30/05/22). Foto: marketing.co.id/Lialily.

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Asia Multidana menggandeng Vivagoal, mengadakan diskusi “From Football to Enterpreneur” untuk mengedukasi publik sepak bola lebih aware dengan kesempatan berbisnis dan berwirausaha.

(Kiri-kanan) Kosmas Chandra (Direktur Utama PT Asia Multidana), Angga Wirastomo (Jersey Forum), Adrian Dwitomo (Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Jaya) dan Hamka Hamzah (Pesepakbola Indonesia) berpose bersama usai diskusi “From Football to Enterpreneur” di Jakarta, Senin (30/05/22). Foto: marketing.co.id/Lialily.

PT Asia Multidana merupakan perusahaan pembiayaan multiguna pertama yang memberikan kredit investasi kepada para pelaku sepak bola untuk menjadi enterpreneur. Diketahui bahwa publik sepak bola Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar dan menjanjikan bagi atlet sepakbola yang menjadi pengusaha untuk menjaring pelanggan.

Hingga tahun 2021, Asia Multidana telah mengucurkan pendanaan kepada enterpreneur pemula dengan total dibawah Rp 100 miliar serta telah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam diskusi kali ini, Asia Multidana menghadirkan penggiat sekaligus stakeholder sepak bola yang memiliki pengalaman dan sepak terjang di dunia kewirausahaan, yaitu Hamka Hamzah.

Hamka, bek kawakan yang telah banyak malang melintang di banyak klub Indonesia dan tim nasional Indonesia, berbagi pengalamannya tentang mendirikan bisnis. Dengan modal yang dimiliki, ia bersama rekannya membuka bisnis sepatu olahraga berbahan kulit yang dinamakan “H23 Sports”.

Hamka Hamzah, pemain sepak bola Indonesia. Foto: marketing.co.id/Lialily.

“Sebagai pemain sepak bola, atribut yang saya kenakan akan selalu menjadi incaran penggemar dan saya bukan orang yang suka menyimpan barang sehingga lebih suka memberikan atribut yang seperti jersey kepada fans karena mereka lebih membutuhkan. Saya sadar sebagai pemain sepak bola, tidak selamanya karir ini akan mendukung hingga masa tua sehingga memberanikan diri membuka usaha sepatu. Saat ini sudah lebih mudah untuk menjadi enterpreneur karena sudah ada perusahaan pembiayaan yang membantu pendanaan seperti Asia Multidana. Semoga dari usaha yang kecil ini bisa berkembang menjadi besar.” ujar Hamka Hamzah.

Dalam diskusi ini turut hadir Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Jaya, Adrian Dwitomo dan komunitas penggiat jersey, yaitu Jersey Forum yang diwakili oleh Angga Wirastomo. Menurut Angga, atribut-atribut yang dikenakan oleh para pemain sepak bola diseluruh dunia, bisa menghasilkan keuntungan. Mulai dari jersey yang dikenakan, celana, kaos kaki hingga sepatu pemain. Namun yang paling banyak dicari adalah jersey.

Sebuah jersey pemain sepak bola akan menjadi sebuah investasi mahal dan dicari oleh kolektor apabila melihat kepada desain yang jarang dibuat serta momen-moment tertentu jersey tersebut menjadi “cerita” seperti dikenakan saat menjadi juara piala dunia atau pemain mengalami kecelakaan saat bermain hingga jersey yang dikenakan menjadi ‘istimewa’. Dengan menggunakan jejaring sosial media yang positif maka sebuah jersey dapat menjadi sebuah investasi.

Asia Multidana berharap, dengan memberikan pendanaan kepada pelaku sepakbola maka mereka mau menjadi enterpreneur, sehingga publik sepak bola Indonesia menjadi tahu bahwa idola mereka selain menjadi atlet jg menjadi pengusaha. Pendanaan yang diberikan tidak terbatas hanya kepada atlet sepakbola yang masih bermain namun juga bisa untuk mantan atlet.

Pada akhir tahun 2022, PT Asia Multidana direncanakan akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan hadirnya berbagai komunitas dalam diskusi ini, Asia Multidana sebagai pemenang Asia Multifinance terbaik 2021 untuk kategori aset di atas Rp 100 Miliar – Rp 500 Miliar, ingin berkembang bersama seluruh lapiran masyarakat termasuk fans sepak bola Indonesia.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.