Ide Bisnis Sampingan yang Marak Dilakukan

0
1038

Melakukan bisnis sampingan memang banyak dilakukan oleh beberapa orang yang menginginkan pendapatan lebih. Namun kesibukan yang menyita waktu kerap menghalangi sebagian orang. Menanggapi hal tersebut, menjalankan bisnis sampingan rumahan merupakan ide yang cukup realistis.

ide bisnisDengan adanya bisnis sampingan rumahan, Anda dapat lebih mudah dalam mengelolanya. Jadi tak akan ada lagi alasan waktu yang tersita. Beberapa ide bisnis sampingan itu antara lain:

1.       Jual koleksi Anda

Mungkin sewaktu kecil Anda suka mengoleksi mainan, boneka, atau semacamnya. Nah, bila sudah tak dipergunakan, tak ada salahnya menjual beberapa koleksi yang sudah tidak pernah Anda gunakan. Untuk menjualnya, Anda bisa membuka garage sale atau melalui situs dan forum jual beli online.

2.       Cuci Steam

Malasnya mencuci kendaraan sendiri membuat bisnis sampingan ini digemari. Untuk memulainya, Anda bisa memanfaatkan halaman yang cukup luas. Hanya dengan modal kompresor dan air, Anda bisa memulai bisnis ini.

3.       Kos–kosan

Usaha kos–kosan sering dilakukan oleh mereka yang berlokasi di dekat area kampus atau perkantoran. Anda hanya perlu merombak beberapa ruangan dirumah untuk kemudian dijadikan kamar.

4.       Laundry

Sama halnya dengan kos–kosan, bisnis sampingan laundry banyak terdapat di area dekat kampus. Bedanya, Anda tidak harus punya rumah yang besar untuk bisa menjalankan bisnis sampingan ini. Tapi Anda perlu modal ekstra untuk membeli mesin cucinya.

5.       Katering

Jika bisa masak berbagai makanan dengan rasa yang enak, Anda bisa mencoba menjalankan bisnis ini.

6.       Jasa keahlian

Memanfaatkan berbagai keahlian seperti reparasi komputer, fotografi, ataupun keahlian lain, akan lebih masuk akal untuk Anda yang kekurangan modal.

7.       Market Research

Di negara barat, market research cukup dikenal luas. Dengan waktu yang fleksibel, Anda dapat bekerja dengan mengatakan pendapat Anda tentang suatu produk atau jasa. Ada pula yang melakukan wawancara via telepon atau door to door. Untuk melakukan bisnis sampingan sebagai market research, mereka biasanya mendaftar di sarosresearch.com.

8.       Iklan blog

Memasuki era digital, banyak orang yang mulai nge-blog. Positifnya, Anda akan mendapatkan uang bila ada yang tertarik beriklan di blog. Tapi tentu saja Anda harus memikirkan arah pasar blog Anda, dengan konten serta desain yang manarik. Bila belum mendapat iklan, Anda bisa mendaftar secara otomatis lewat Google Adsense, atau melalui affiliate programme yang diluncurkan oleh Amazone.

Jadi bagaimana, ide bisnis seperti apa yang cocok dengan Anda?

 

Sumber: TheGuardian.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.