IM3, Ingin Menjadi The Truly Youth Brand

im3 sponsor persib bandungPenggemar olahraga, terutama sepak bola, terkenal memiliki fanatisme yang tinggi terhadap klub atau pemain favoritnya. Bahkan, sering kali hubungan di antara keduanya tak hanya sebatas emosional namun juga spiritual, sehingga mereka menjadi pembela klub yang luar biasa atau dapat dikatakan loyal.

Persib Bandung misalnya, dikenal memiliki suporter yang sangat fanatik dan loyal. Di manapun klub satu ini berada, selalu mendapat perhatian yang luar biasa dari para bobotoh (sebutan untuk pendukung Persib  Bandung).

Fanatisme yang tinggi dari para penggemar menjadi berkah tersendiri bagi Persib Bandung. Pasalnya tidak sedikit merek yang mau menjalin kerja sama dengan klub asal Bandung tersebut. IM3 misalnya, salah satu merek Indosat ini menjadi salah satu sponsor Persib Bandung sejak musim kompetisi tahun lalu.

“Penggemar Persib Bandung sangat hardcore. Kami ingin menggunakan fanatisme tersebut dengan mengaitkan merek kami melalui klub dan pemain,” terang Andrini Novie Hastuti, Group Head Marketing Communication PT Indosat Tbk ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ada dua jenis kerja sama yang dilakukan pihak Indosat dengan Persib Bandung, yaitu melalui jersey dan konten. Keduanya merupakan jenis investasi yang berbeda.

Untuk sponsor jersey, Indosat ingin membantu Persib bandung agar bisa lebih maju lagi. Sedangkan konten, sistem yang digunakan adalah revenue sharing (bagi hasil). Kalau ada yang men-download konten bola, Persib akan ikut menerima hasilnya.

 “Kami ingin menjadi the truly youth brand, untuk itu kami sekarang mencoba untuk tapping apa yang penting bagi pelanggan. Sepak bola adalah salah satunya,” lanjut Novie.

Pendekatan melalui komunitas

Secara garis besar, anak muda sangat menyukai sepak bola. Indosat merupakan satu-satunya operator yang bekerja sama dengan klub sepak bola. Hal itu diakui Novie menjadi strategi penetrasi dan existing Indosat.

Dalam kerja sama tersebut, Indosat juga meluncurkan Kartu Prabayar IM3 Persib, inovasi layanan yang dihadirkan Indosat khusus bagi para bobotoh Persib Bandung serta seluruh masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Dengan kartu tersebut, pelanggan dapat mengakses informasi terkini seputar Persib Bandung, seperti jadwal pertandingan, profil pemain, berita terkini serta chatting dengan para pemain Persib Bandung.

“Kami ingin memberikan experience yang baik bagi pelanggan. Kami ingin memberikan sesuatu yang lebih, dan kami melihat konten bola ini sangat melekat bagi mereka yang senang bola,” lanjut Novie lagi.

Sport marketing merupakan salah satu cara kami untuk mengakuisisi pelanggan dan retensi pelanggan. Sejak adanya campaign ini, pelanggan terus bertambah dan peningkatannya cukup signifikan,” lanjut Novie.

Peluncuran kartu IM3 Persib merupakan wujud komitmen Indosat untuk memberikan layanan yang menyasar kebutuhan khusus suatu komunitas, khususnya komunitas bobotoh Persib Bandung. Di samping itu juga memberi manfaat dan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan Indosat yang dikhususkan bagi kebutuhan masyarakat lokal, termasuk kecintaan mereka terhadap sepak bola yang mereka banggakan.

“Dengan kerja sama ini, orang-orang akan mendapatkan informasi tentang Persib Bandung dengan mudah melalui handphone mereka. Hal seperti ini belum pernah dilakukan oleh operator lain,” terang Novie.

Untuk terus memopulerkannya, Indosat terus mempromosikannya melalui media konvensional, seperti media cetak, TV, kegiatan futsal, hingga ke ranah digital.

Indosat sangat serius menggarap olahraga, total investasi yang dikeluarkan 10% dari total anggaran marketing perusahaan. Hasilnya pun terlihat, revenue meningkat, customer baru yang diakuisisi melalui sepak bola ini terus bertambah.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang “Sport Marketing”, Majalah Youth Marketers telah membahasnya dengan lengkap. Klik di sini untuk mengunduhnya.

Editor: Sekar Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.