ISTILAH PENTING DALAM KONSEP MARKETING

Konsep marketing telah berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Sementara kini dalam dunia bisnis pelanggan berada di garis terdepan, tetapi tidak semua bisnis dulu mengikuti konsep ini. Pemikiran, orientasi atau ideology perusahaan mengambil alih fokus perusahaan sehingga mereka tidak mengedepankan pelanggan sebagai yang utama. Mari kita amati beberapa istilah penting yang tercakup dalam konsep marketing.

 

Production Orientation

Dalam hal ini fokus perusahaan tidak pada kebutuhan pelanggan, melainkan mengurangi biaya dengan melakukan produksi massal. Dengan mencapai skala ekonomi tertentu, perusahaan bisa memaksimalkan profit dengan mengurangi segala biaya.

 

Product Orientation

Perusahaan percaya bahwa mereka mempunyai produk yang superior, berdasarkan kualitas dan fitur. Berdasarkan anggapan ini, mereka mengira pelanggan akan menyukai juga produk tersebut.

 

Sales Orientation

Di sini perusahaan berfokus untuk memproduksi produk, lalu mencoba menjualnya ke target market. Tetapi masalahnya, kemungkinan besar pelanggan tidak menyukai produk yang ditawarkan kepadanya.

 

Market Orientation

Dalam hal ini perusahaan menempatkan pelanggan sebagai inti dari bisnis. Perusahaan mencoba memahami kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode riset yang sesuai. Proses yang sesuai juga diterapkan untuk memastikan informasi dari pelanggan sampai ke perusahaan. Inti dari semua aktivitas yang dilakukan perusahaan berfokus pada pelanggan. Di sini pelanggan sungguh menjadi raja.

 

Dalam iklim persaingan saat ini, menempatkan pelanggan sebagai inti sangatlah penting. Sementara banyak perusahaan di industri lain mungkin masih mengikuti konsep lain selain market orientation, mereka yang memilih untuk mengikuti market orientation mempunyai peluang yang lebih besar untuk sukses.

 

Sumber:

www.learnmarketing.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.