Jenis Teh dan Manfaatnya

0
1205

Teh merupatehkan salah satu minuman favorit di dunia. Ada berbagai jenis teh yang sudah sering dikonsumsi. Setiap teh memiliki manfaat yang berbeda. Berikut beberapa jenis teh dan manfaatnya.

Teh Oolong

Teh ini mampu membantu penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan polyphenols yang banyak terkandung di dalamnya. Penelitian oleh U.S. Agriculture Research Services Diet and Human Laboratory menunjukkan bahwa orang yang meminum teh oolong membakar kalori lebih banyak, sejumlah 67 kalori.

Teh Bunga Passiflora

Teh ini memiliki efek menenangkan. Karena hitam teh ini sangat baik diminum bila sedang merasa gelisah, tegang, atau stres. Selain itu, teh ini juga bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Teh Peppermint

Teh ini dapat membantu masalah pencernaan. Bila diminum dapat meredakan kembung, konstipasi, dan rasa begah

Teh Jahe

Teh jahe mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi. Karena itu, teh ini baik diminum bila sedang sakit kepala. Selain itu, teh Jahe juga mampu meredakan rasa mual.

Teh Hijau

Teh ini baik diminum bila ingin menjaga berat badan. Karena memiliki kandungan ECCC, teh hijau dapat menimbulkan rasa kenyang, sehingga keinginan untuk ngemil berkurang. Selain itu, teh hijau juga memberikan energi dan membantu tubuh untuk tidak menyimpan lemak terlalu banyak.

Teh Valerian

Valerian telah digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah keram dan rasa gelisah. Selain itu, Valerian juga sering digunakan sebagai pembantu tidur yang alami. Minum teh Valerian dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Teh Hitam

Teh yang satu ini memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan ini mampu mengurangi plak dan penumpukkan lainnya pada gigi. Karena itu, minum teh hitam dapat menyegarkan mulut. Kalau tidak sempat minum, bisa juga digunakan sebagai obat kumur.

Teh Licorice

Teh ini memiliki rasa manis yang alami. Kandungan gula dalam Licorice 50 kali lebih banyak dari gula biasa. Karena itu, baik dijadikan pengganti camilan manis yang biasa dibeli. Namun hati-hati dalam mengonsumsi teh ini. University of Maryland Medical Center membuktikan bahwa konsumsi Licorice lebih dari 20 gram dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Teh Ginkgo

Teh ini mampu meberikan energi ekstra bagi yang kurang tidur, sehingga dapat dijadikan pengganti kopi. Selain itu, teh ginkgo mampu membantu metabolisme glukosa menjadi energi. Jadi kemampuan konsentrasi dan berpikir ikut meningkat.

Teh Nettle

Teh ini merupakan antihistamine alami. Baik digunakan untuk mengatasi alergi, seperti bersin, sakit leher, dan mata bengkak.

Setelah tahu manfaat dari setiap jenis teh di atas, silakan pilih sesuai kebutuhan Anda. Enjoy your tea!

Sumber: http://www.totalbeauty.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.