Jokowi di Seminar Harpelnas

Jokowi_DepanHarpelnas atau Hari Pelanggan Nasional diperingati tiap tanggal 4 September. Namun ada beberapa acara pendahuluan untuk menyambut acara tersebut. Salah satunya adalah Seminar Hari Pelanggan.

Beberapa petinggi perusahaan besar hadir pada acara Seminar pra Harpelnas. Sebut saja Halo BCA, Matahari Departement Store, Lab Klinik Prodia, dan masih banyak lagi. Tak mau ketinggalan, Jokowi pun hadir dan ikut serta mengisi seminar pada acara yang diadakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB, Rabu, 28 Agustus.

Gubernur DKI Jakarta yang memiliki nama lengkap Joko Widodo itu langsung maju sebagai orang pertama yang memberikan seminar tentang Pelayanan Masyarakat di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta. Bukan tanpa alasan Jokowi menjadi pembuka seminar kala itu. Pengalaman berbisnis di dunia mebel, membuatnya pantas untuk memberikan tips dan motivasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Menurutnya, pelanggan adalah yang paling utama. Tanpa pelanggan, usaha tidak bisa berkembang. Tanpa pelanggan, profit tidak bisa didapat. Tanpa pelanggan, usaha bisa saja hancur.

Tak hanya dalam berbisnis, mantan walikota Solo itu juga memberi sedikit gambaran, bahwa melayani pelanggan bisa dalam konteks yang bermacam–macam. Pria yang juga kelahiran Solo, 21 Juni 1961 itu memberikan contoh kasus yang sedang ia hadapi, yakni menjadi Gubernur Ibukota Jakarta.

Menurutnya, Gubernur atau jabatan apapun di pemerintahan, haruslah bisa melayani masyarakat. “Jangan sampai siapapun membuat kerajaan kecil di wilayahnya, seperti nepotisme dan lain – lain,” kata Jokowi. “Mereka haruslah melayani masyarakat. Minimal, petugas frontliner yang berada di kantor pemerintahan bisa tersenyum.”

“Saya kalau berkunjung ke kantor walikota, kelurahan, atau kecamatan, ada petugas frontliner yang tidak tersenyum, saya bisikin ke Lurahnya, ‘ajarin dia senyum, atau ganti saja’,” aku Jokowi.

Jokowi_Belakang

Tak hanya Jokowi, Handi Irawan – CEO Frontier Consulting Group, Nathalya Wani Sabu – Head Halo BCA, Sunny Setiawan – Director Store Operations Matahari Departement Store, Yuliana Agung – Founder Carre Center for Customer Satisfaction & Loyality, serta Dra. Luscie Panggajaya – Vice President Marketing Prodia Lab Klinik juga turut memberikan materi seminar. Acara seminar juga dimeriahkan oleh Tim Cheers BCA yang menjadi juara 1 & 2 di CS Championship 2013.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda bisa mengikuti long march Monas – Bundaran Hotel Indonesia dalam rangka perayaan Harpelnas pada hari Minggu, 1 September nanti. Acara tersebut akan dimulai pukul 06.00 – 09.00 WIB. Ada pembagian souvenir juga lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.