Jumlah Nasabah Kaya di Indonesia Diprediksi akan Melonjak

0
18
mobil sebagai investasi

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Minat masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen investasi terus meningkat, tercermin pada perkembangan jumlah investor di pasar modal yang telah menembus angka 9,11 juta investor per Juni 2022. Angka ini menunjukan peningkatan sebesar 21,68% dibanding posisi akhir akhir tahun 2021 yang tercatat sebanyak 7,49 juta.

Investor pasar modal tersebut terbagi dalam produk investasi reksa dana, saham maupun investor Surat Berharga Negara (SBN). Perkembangan teknologi dan digitalisasi yang masif merupakan pendorong penting pesatnya peningkatan jumlah investor. Sebab digitalisasi membuat orang dengan mudah dan cepatnya membuka rekening efek dan berinvestasi.

Peningkatan minat investasi ini turut mempengaruhi kinerja Pasar Modal Indonesia, dimana hingga penghujung Juli 2022, posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah hampir menggapai level 7.000, atau mengalami kenaikan hampir 6% secara year to date.

Baca juga: Setahun Diluncurkan, Kinerja RoboARMS 22% di atas IHSG

Chairman Financial Planning Standards Board (FPSB) Indonesia, Tri Djoko Santoso, mengatakan peningkatan jumlah investor yang diikuti oleh pertumbuhan kinerja produk-produk pasar modal berpotensi mendongkrak jumlah nasabah kaya di Indonesia atau disebut dengan High Net-Worth Individuals (HNWI). “Jumlah HNWI Indonesia diprediksi akan tumbuh di atas 60% menjadi lebih dari 250.000 orang dalam 5 tahun ke depan (Data HNWI tahun 2021 tercatat 82.000 orang),” papar Tri saat peluncuran Moduit Beyond, di Jakarta, (3/8).

mobil sebagai investasi
Mobil sebagai simbol status orang kaya

Selain jumlah orang kaya bertambah, Tri menyebut nilai kekayaan juga berpotensi meningkat pesat, terlebih bila mereka bisa mengelola dan menata penghasilan yang meraka peroleh dari bekerja maupun investasi. Untuk itu menurutnya nasabah HNWI perlu punya Perencana Keuangan yang mumpuni.

Baca juga: Rahasia Orang Kaya yang Bakal Membuat Anda Terkejut

Lebih lanjut dikatakan peran Perencana Keuangan adalah membantu HNWI untuk berinvestasi secara aman sesuai dengan profil risiko nya. “Perencanaan Keuangan sangat penting karena merupakan satu-satunya cara paling masuk akal bagi setiap orang untuk memastikan masa depan finansialnya dan keluarganya,” urainya.

Tri juga menyebutkan, bahwa nasabah HNWI juga mempunyai kebutuhan yang lebih kompleks. Kebutuhan tersebut menjadi urgensi bahwa HNWI memerlukan seorang partner yang tepat, terpercaya dan professional untuk mengelola kekayaan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.