Karier Social Strategist Perusahaan

www.marketing.co.id – Jeremiah Owyang dari Altimeter Group pernah merilis sebuah laporan tentang karier di social media berjudul “Career Path of the Corporate Social Media Strategist”. Laporan tersebut adalah hasil dari riset dan wawancara dengan para social media strategist di level perusahaan (perusahaan-perusahaan yang mempunyai karyawan sebanyak 1.000 atau lebih), sekaligus dengan pihak penasihat mereka. Hasil laporan yang didapat dari riset yang memakan waktu berbulan-bulan lamanya ini, adalah suatu pandangan mendalam terhadap tuntutan peran yang diharapkan dari para pengambil keputusan social media di perusahaan-perusahaan seluruh dunia. Social media marketing bertumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Seiring semakin matangnya industri ini, social strategist perusahaan menghadapi dua jalur atau pilihan dalam kariernya menurut riset yang meneliti lebih dari 140 profesional ini. Riset tersebut menyimpulkan bahwa strategi yang dapat digunakan adalah:

  1. menunggu permintaan atau komentar yang berdatangan baik dari konsumen yang vokal maupun dari internal unit bisnis itu sendiri. Setelah itu barulah para social strategist tersebut bereaksi atau memberikan respons. Ini yang disebut Owyang sebagai “social media help desk”;
  2. mengembangkan suatu program yang bersifat proaktif, yang mampu mendahului bahkan sebelum adanya permintaan, komentar, atau kebutuhan, serta mampu beroperasi di level atau posisi strategic planning.

Kelihatannya strategi nomor dua lebih menarik. Tetapi, program yang proaktif akan menghadapi banyak tantangan seperti:

  1. halangan atau penolakan dari budaya internal perusahaan;
  2. bagaimana mengukur ROI;
  3. kekurangan sumber daya;
  4. teknologi dan kondisi yang terus berubah;
  5. terus meningkatnya demand dalam bisnis.

Sebagai tambahan, Altimeter mempunyai 10 rekomendasi bagi para eksekutif dalam merekrut dan mengelola para social strategist perusahaan berupa checklist, baik bagi mereka yang masih baru maupun yang sudah berpengalaman dalam industri social media. Apakah ada tantangan lain yang bisa Anda tambahkan? Bagaimana pandangan Anda tentang masa depan dari jabatan atau peran sebagai social strategist di industri Anda sendiri? Heather Albrecht Digital Marketing Trainer Digital Marketing Strategy at Digital Connections New South Wales, Australia

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.