Keuntungan Membeli Rumah Dengan KPR

0
1393

shutterstock_145688978Harga properti yang semakin mahal membuat tabungan Anda menangis. Harga properti mencekik tidak diimbangi dengan kenaikan penghasilan yang signifikan. Padahal rumah menjadi kebutuhan masa depan Anda. Anda pun ingin segera membeli rumah untuk modal memulai kehidupan pernikahan. Masalahnya, sekadar menabung untuk membeli rumah secara tunai boleh dikata mustahil.

Tiap tahun harga properti naik, sementara nilai uang di rekening tabungan Anda tergerus inflasi. Di sinilah pinjaman KPR bisa membantu. Berikut keuntungan extra yang bisa diperoleh berkat KPR.

1. Biaya awal ringan

Pengajuan KPR membuat Anda terbantu saat hendak membeli rumah. Asalkan Anda memenuhi syarat yang bank tetapkan, uang tunai yang perlu Anda siapkan di awal hanya 30 persen dari harga rumah (untuk uang muka yang dibayarkan ke pengembang properti), cicilan bulan pertama, dan biaya administrasi legal. Ada pula KPR yang ditawarkan beserta subsidi berupa keringanan uang muka.

2. Legal

Legalitas rumah yang Anda beli terjamin dan aman. Semua keabsahan surat-surat tanah dan bangunan yang diberikan juga surat legal. Lagipula, Bank hanya membiayai pembelian rumah yang dilengkapi sertifikat. Sebelum menerima sertifikat itu, bank mengecek keabsahannya lewat Badan Pertanahan Nasional (BPN).

3. Siap dihuni

Jangan takut membeli rumah dengan KPR. Selain membantu dalam soal biaya uang muka yang ringan, Anda juga bisa segera menghuni rumah yang dibeli melalui KPR. Tidak perlu menunggu sampai cicilan lunas. Dengan uang muka tadi, Anda bisa segera menempati rumah idaman Anda.

4. Reputasi pengembang terjamin

Dalam KPR, bank senantiasa bekerja sama dengan pengembang properti. Dalam hal ini, bank mencari pengembang properti yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Pasalnya, bank yang menarik keuntungan dari bunga kredit akan rugi apabila pengembang batal atau mundur dari pembangunan rumah Anda. Jadi jika pengembang properti mundur yang mengalami kerugian tentu pihak bank.

5. Investasi jangka panjang

Ini salah satu keuntungan membeli properti dengan KPR, yakni bisa menerapkan investasi jangka panjang. Setelah Anda selesai melunasi cicilan rumah, Anda bisa menjual rumah kembali kepada orang lain. Nah, letak keuntungannya Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi. Terlebih jika rumah Anda berada pada posisi strategis. Pasti harga jual dan daya tariknya juga lebih tinggi. Setelah Anda melunasi seluruh pinjaman KPR, nilai rumah Anda bisa saja melebihi total uang yang Anda bayarkan ke bank.

6. Keuntungan bisnis

Anda bisa menarik keuntungan dengan menyewakan rumah yang Anda beli. Sehingga setiap bulan ada pemasukan dari uang sea dan kemudian dibayarkan untuk biaya cicilan setiap bulannya. Anda bisa menyewakan rumah tersebut dengan keuntungan 30-40 persen. Jangan terlalu tinggi memberi harga bisa-bisa malah tidak ada penyewa.

7. Proteksi

Pembelian melalui KPR sangat menguntungkan, karena Anda akan mendapatkan proteksi. Proteksi ini merupakan syarat mutlak dari pihak Bank. Anda mendapat proteksi berupa asuransi properti, yang preminya tercantum dalam cicilan bulanan KPR, untuk melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran.

Melalui metode berinvestasi, Anda menjadi lebih yakin akan manfaat dari uang pensiun Anda. Sehingga tidak habis begitu saja tanpa sisa. Jika Anda kurang yakin, carilah bantuan penasihat keuangan atau manajer dana profesional. Ingatlah selalu, ada banyak pilihan yang tersedia untuk terjun di dunia investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.