Layanan 5G XL Axiata Siap Digunakan di Mandalika

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah siap sepenuhnya menghadirkan layanan 5G guna mensukseskan gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022. Berbagai persiapan di lapangan telah tuntas, dan per 18 Maret 2022 layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G. Layanan 5G dari XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto (kiri) dalam acara media update kesiapan jaringan 5G XL Axiata untuk mensukseskan gelaran balap MotoGP Mandalika di Mataram, Lombok, Kamis (17/3). Mulai 18 Maret 2022 layanan 5G dari XL Axiata ini sudah bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dengan menggunakan ponsel yang telah didukung teknologi 5G. Foto: Istimewa.

Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase. Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah kami laksanakan dengan spektrum 3.5GHz menunjukkan hasil memuaskan. Karena itu, saat ini jaringan 5G XL Axiata telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika, sekaligus mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing yang hadir di event internasional ini. Bagi XL Axiata, momentum ini juga sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus untuk kami menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G.”
Untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM. Sementara melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.
(Ki-Ka) Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, DR. IR. Ismail MT, Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto tengah mencoba salah satu 5G Showcase di booth 5G XL Axiata, Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3).

Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.
Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.