Layanan Pengiriman eCommerce Terbaik Pilihan Konsumen Indonesia

Layanan Pengiriman eCommerce Terbaik persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform eCommerce di Indonesia

Ipsos Indonesia merilis survei terbaru mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman eCommerce terbaik

Jakarta, 18 April 2022 – Berdasarkan data App Annie sepanjang tahun 2021, Shopee tercatat sebagai platform eCommerce No. 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak, baik di Google Play atau Apple App Store. Lalu, eCommerce mana yang terbaik menurut konsumen Indonesia?

Tentunya, ada banyak faktor yang menjadi petimbangan masyarakat dalam memilih platform eCommerce ketika akan berbelanja. Beberapa di antaranya adalah kualitas dan harga produk, banyaknya promosi, pilihan metode pembayaran, customer service, rating/review toko, dan yang tak kalah penting layanan pengiriman yang ditawarkan.

Untuk mengetahui jawabannya, Ipsos Indonesia kembali mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform eCommerce di Indonesia. Survei ini diadakan secara tatap muka, pada bulan Januari 2022, dengan melibatkan 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Layanan Pengiriman

Dari hasil survei yang didapat, Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara eCommerce lainnya. Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

Sama halnya dengan kualitas produk, layanan pengiriman juga memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih eCommerce. Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman. Ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan satu sama lain dan penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen. Dengan hasil survei sebagai berikut:

  • Durasi pengiriman: Mayoritas responden (52%) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30%.
  • Variasi layanan pengiriman: Tokopedia unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33% responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28%, kemudian disusul Lazada (26%) di urutan ketiga, Blibli (25%) keempat, dan OLX (20%) kelima.
  • Fitur pelacakan/tracking: 29% responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18%), Lazada 16%, Bukalapak dan Blibli 11%.

“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan pelanggan. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi pelanggan. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek eCommerce lainnya,” ujar Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia.

Kualitas Produk

Kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan kecewa dengan kualitas produk yang ia beli, ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya, bahkan mungkin eCommerce pesaing. Oleh karena itu, penting bagi platform eCommerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.

Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74%) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63%, lalu Bukalapak 50%, dan OLX 40%.

Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54%) paling populer di kalangan pengguna eCommerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41%, disusul Tokopedia 40%, Bukalapak 21%, dan Blibli 29%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.