Libatkan 133 Dapur Komunitas, ABC Luncurkan Gerakan  #ABCDapurBersamaIbu

Marketing.co.id Berita Consumer Goods | PT Heinz ABC Indonesia (“ABC”) berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan gerakan kemanusiaan berbasis komunitas, yakni #ABCDapurBersamaIbu. Gerakan ini melibatkan 133 dapur komunitas ibu (mom’s community kitchen) beserta dengan lebih dari 800 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung, yang akan menyiapkan dan membagikan 125.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 125 titik pendistribusian di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

Mira Buanawati, General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea mengatakan, bahwa gerakan ini membawa misi untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar.

“Sebagai bagian dari tujuan global perusahaan “Let’s Make Life Delicious”, kami tidak hanya berkomitmen untuk menghadirkan kelezatan masakan melalui produk-produk terbaik, tapi juga terus menginspirasikan nilai kebaikan untuk kehidupan sehari-hari. Kami berharap, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu tahun ini dapat semakin mengingatkan kita akan kekuatan nilai kebaikan seorang ibu dan bersama-sama meneruskan kebaikan yang sama untuk dampak yang lebih besar,” ujar Mira.

Diana Riaya Kusumaningrum, Marketing Manager Easy Meals Kraft Heinz Indonesia menambahkan, di momen Ramadhan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata. Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas.

“Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan, hingga proses monitoring dan evaluasi,” papar Diana.

Selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg, dimana setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan Sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, diantaranya: kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung.

Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

Hendro Utomo, Pendiri Foodbank of Indonesia (FOI), menjelaskan, FOI percaya bahwa ibu memiliki peran penting dalam menentukan pilihan makanan yang terbaik bagi anak-anak dan keluarga. Lewat gerakan kolaboratif ini, selain memberikan bantuan pangan kepada mereka yang membutuhkan, namun juga ikut membantu asupan nutrisi yang lebih baik untuk mendukung produktivitas.

Psikolog Anak dan Keluarga, Ayank Irma yang mengungkapkan, “Seorang Ibu tidak pernah lelah untuk memberikan pikiran, waktu dan tenaganya bagi keluarga dan lingkungan sosial yang lebih luas. Hal ini dapat dilihat lewat hadirnya perkumpulan atau komunitas ibu-ibu yang menjadikannya sebagai pendorong atau powerful driver untuk bersama-sama berbagi kebaikan sehingga nilai tersebut dapat tersalurkan ke lingkup yang lebih luas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Untuk itu, hadirnya gerakan #ABCDapurBersamaIbu dapat menjadi sarana untuk berbagi kehangatan dan kasih sayang Ibu bagi mereka yang membutuhkan.”

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh beberapa mitra ABC lainnya, diantaranya Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan Grab, dimana setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp 1.000* sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan ini. Selain itu, Aqua juga memberikan dukungan-nya melalui penyediaan donasi air mineral dalam kemasan yang akan disertakan di dalam paket donasi makanan dan Aladin memberikan dukungan finansial.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga akan digaungkan melalui berbagai media, termasuk website, media sosial, komunikasi di dalam toko-toko Alfamart dan aplikasi Tokopedia serta Grab. Masyarakat dapat  ikut mendukung gerakan ini melalui beberapa cara, diantaranya membeli produk ABC yang dijual di toko-toko mitra gerakan #ABCDapurBersamaIbu; mengunggah foto yang menginspirasikan nilai kebaikan Ramadhan dengan menggunakan filter khusus ABC Dapur Bersama Ibu ke Instagram Feed & Story, dengan menyertakan @segarnyasirupabc & @sardenabc; serta terlibat langsung bersama relawan FOI dalam proses pendistribusian di lapangan dengan mendaftarkan diri melalui website yang telah disiapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.