Lima UMKM Terbaik di Program DCE Dapat Bantuan Modal dari Telkomsel

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno |  Rangkaian program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang telah berlangsung sejak November 2021 kini telah mencapai puncaknya. Selain memasuki hari terakhir DCE Virtual Exhibition yang diikuti oleh 150 peserta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam acara puncak tersebut Telkomsel turut mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada 5 peserta terbaik.

Puncak acara DCE yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel disiarkan live secara eksklusif di aplikasi MAXstream, Vidio, situs Sinergi untuk Negeri, dan Virtual Exhibition DCE, pada Rabu (20/4).

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, penyelenggaraan DCE merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Telkomsel sebagai society enabler dalam mengakselerasi kemajuan UMKM Indonesia untuk Go Digital melalui peningkatan kapabilitas dan kompetensi para pelaku UMKM itu sendiri.

“Telkomsel pun berharap, DCE dapat memberikan dampak nyata pada pemberdayaan UMKM sehingga menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk #UnlockOpportunities dalam mengembangkan potensi bisnisnya,” paparnya.

Baca juga: ShopeePay Hadirkan Program Semangat UMKM Lokal dan Solusi Teknologi bagi Jutaan Masyarakat

Program DCE 2021 ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan tiga kata kunci yang diusung oleh DCE, yakni kewirausahaan, digital, dan kreatif.

“Saya percaya melalui ajang ini, kita dapat melahirkan UMKM yang berdaya saing serta membuka lebih banyak lapangan kerja baru. Kepada para pemenang DCE, saya ucapkan selamat. Semoga ini dapat menjadi penyemangat untuk terus tumbuh, menginspirasi dan menghadirkan inovasi dalam setiap proses bisnis yang dilakukan. UMKM bangkit, Indonesia maju!,” kata Teten.

Empat UMKM peserta yang berhasil menjadi terbaik dalam program DCE 2021 di setiap kategorinya adalah Best of The Best diraih Tangan Dia (Kab. Gowa, Sulawesi Selatan), ketagori Kriya diraih Kailoka (Kota Bandung, Jawa Barat), kategori Fashion diraih RSthelabel (Surabaya, Jawa Timur), kategori Makanan dan Minuman diraih Mbrebes Mili Food (Depok, Jawa Barat), dan kategori Mikro diraih Kain Indonesia Co (Jakarta). Seluruh peserta UMKM tersebut berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Kompetisi UMKM
Program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang telah berlangsung sejak November 2021 kini telah mencapai puncaknya yang akan menghasilkan 5 peserta terbaik yang berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Pada penyelenggaraannya, program DCE membuka peluang bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, dan usaha mikro. Dari sebanyak 911 pelaku UMKM yang mendaftar dari 34 provinsi dan 200 kota/kabupaten, DCE memilih 150 pelaku UMKM berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas untuk mengembangkan kapabilitas di intimate session dan workshop.

Selajutnya, para peserta diseleksi menjadi 20 besar terbaik untuk dibimbing oleh para mentor dari tim 99%Usahaku, Kuncie, dan MyAds. Kemudian 9 peserta terbaik berhak masuk sebagai finalis untuk mengikuti Virtual Exhibition DCE. Puncaknya, dari jumlah tersebut terpilihlah 4 peserta terbaik di setiap kagetori dan 1 peserta Best of The Best DCE yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi di antara seluruh peserta DCE 2021.

Baca juga: Siap Dukung UMKM Naik Kelas, Tjufoo Resmi Hadir di Indonesia

Adapun sebanyak 150 pelaku UMKM yang terpilih untuk mengikuti sourcing initiative program DCE didominasi berasal dari Jawa-Bali dan Nusa Tenggara (40 pelaku UMKM), Sumatra (37 pelaku UMKM), Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan (37 pelaku UMKM) dan Jabodetabek (36 pelaku UMKM).

Besarnya minat masyarakat dan pelaku UMKM pada program DCE juga terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung Virtual Exhibition yang terus meningkat setiap harinya. Sejak dimulai perdana pada 24 Maret 2022, tercatat jumlah pengunjung terus meningkat mencapai lebih dari 3.000 pengunjung pada 4 April 2022.

“Kami berharap, seluruh peserta UMKM, baik yang berhasil masuk hingga tahap final maupun tidak, dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari selama bergabung di talent sourcing initiatives program DCE, sehingga mampu untuk terus berkembang dan memajukan usaha,” kata Sigit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.