LJ Hooker Fokus Tingkatkan SDM untuk Hadapi Era Disrupsi

0
1230
Ongz_pict

Era disruptif merupakan ancaman bagi pelaku bisnis properti. Pasalnya, cepat atau lambat gelombangnya bisa menghilangkan jutaan pekerjaan jika sumber daya manusia (SDM) tak disiapkan dengan baik.

Penulis Buku “9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital” Adi Putera Widjaja, Country Director LJ Hooker Indonesia Hody Kuntohadi, dan Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia Oka M Kauripan.

Di sisi lain, era disrupsi juga bisa menjadi peluang baru jika developer, broker dan pihak terkait di bisnis properti sedari dini meningkatkan kualitas SDM dan mendorong penerapan teknologi supaya memacu efisiensi maupun produktivitas mereka.

Pembinaan SDM ini pula yang kini tengah menjadi fokus LJ Hooker Indonesia. Memasuki usianya yang ke-17 perusahaan agen properti kelas dunia asal Australia ini terus melakukan inovasi teknologi dan digital untuk meningkatkan kualitas SDM-nya.

Country Director LJ Hooker Indonesia, Hody Kuntohadi, filosofi dasar dari LJ Hooker adalah Property is not just about building. It’s about people, environment & technology. Berangkat dari filosofi tersebut, setiap SDM harus memiliki passion, persistence, integrity, innovation, knowledge dan team work.

“Setiap SDM juga harus mampu memaksimalkan penggunaan property technology (proptech) sebagai cara untuk mengantisipasi datangnya industri 4.0 saat sebagian pekerjaan manusia akan tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan,” kata Hody, saat peluncuran buku “9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital”.

Saat ini LJ Hooker telah mengembangkan beberapa platform digital, seperti aplikasi LJ Hooker Indonesia Digital Assistant (LIDIA) untuk membantu para agen properti berkolaborasi dalam menjual dan menyewakan properti, dan platform e-learning Property Mastery yang dipakai untuk melahirkan para Property Consultant (PC) yang memiliki kompetensi tinggi

Selain itu, LJ Hooker juga akan meluncurkan aplikasi REBORN (Real Estate Business Opportunity Referral Network) yang dapat menjadi wadah komunitas bagi para pelaku bisnis properti untuk saling bekerja sama dan memberikan kesempatan seluas – luasnya bagi semua orang untuk berusaha, baik sebagai seorang Property Consultant (PC) atau sebatas referral saja.

Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, Oka M Kauripan, mengemukakan semua platform yang ada untuk menjadi lompatan besar (quantum) bagi agen properti yang memanfaatkan teknologi digital. “Tahun depan LJ Hooker Indonesia fokus menjalankan program yang merupakan lompatan besar yang mengembangkan kemampuan dan jaringan,” ujarnya.

LJ Hooker optimis akan terus berkembang di Indonesia karena para Property Consultant (PC) mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman. Apalagi mereka dilatih dan mendapat bimbingan dengan baik, lingkungan kerja yang nyaman, saling dukung satu sama lain dan suasana yang sangat akrab dan kekeluargaan.

“Di LJ.Hooker, kami membantu mengembangan jiwa sosial entrepreneurship bagi seluruh Property Consultant dan staff sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi masyarakat Indonesia,” jelas Oka.

Bantu SDM Miliki Aset Properti

Industri properti memiliki turunan 176 industri di dalamnya. Ada banyak bidang pekerjaan yang terlibat. Bila industri properti ini maju, maka akan dapat menggerakkan ekonomi negara juga, khususnya untuk rumah tinggal dengan segmen harga di bawah Rp 500 juta.

Salah satu langkah untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah membentuk Koperasi Jasa Pengembang Properti Indonesia (Kosperti) sebagai sebuah bentuk konkrit di sektor real estate untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan pencapaian target sejuta rumah dan dalam menggerakkan roda perekonomian.

Menurut Hody yang merupakan penggagas Kosperti, pembentukan Kosperti ini ada dua kepentingan. Secara internal, LJ Hooker mempunyai misi-visi membantu SDM yang dimiliki, khususnya Property Consultant supaya bisa mempunyai aset properti, baik berupa hunian maupun komersial.

“Ini merupakan komitmen kita untuk berkembang bersama mereka. Penguasaan aset nantinya akan berguna bagi SDM di hari tuanya. Sampai saat ini LJ Hooker telah memiliki 800 ribu Property Consultant di seluruh Indonesia,“ jelasnya.

Secara eksternal, dengan adanya Kosperti ini stake holder lainnya seperti developer, buyer, lembaga keuangan juga turut terbantu dalam penyediaan data base buyer. Kehadiran Kosperti ini, bukan saja didukung oleh pihak Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, tetapi juga telah diakui secara international.

“Kosperti membuka kesempatan kepada semua lapisan masyarakat menjadi anggota. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.kosperti.id,” ujar Hody.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.