Mau Buka Perusahaan Startup? Belajar Menulis dari Sekarang

0
1134
pelaku bisnis startup harus bisa nulis

pelaku bisnis startup harus bisa nulisBanyak hal yang diperlukan jika Anda ingin membuka perusahaan startup. Misalnya keterampilan manajerial, ide yang baru, semangat pantang menyerah, dan lain sebagainya. Meski begitu, menurut laman Entrepreneur ada satu hal lagi yang penting yang perlu dimiliki oleh mereka yang ingin membuka perusahaan startup, yakni kemampuan menulis.

Hal itu diutarakan oleh Will Caldwell lewat tulisannya yang berjudul “The One Basic Skill Every Startup CEO Needs”. Menurutnya, sebuah bisnis baru butuh yang namanya komunikasi. Karena Anda perlu memberitahukan visi perusahaan kepada semua orang. Lewat tulisan, hal itu bisa terjadi dengan lebih mudah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan tulisan Anda.

1. Ngeblog

Menulis di sebuah blog memungkinkan orang lain mengenali bisnis Anda serta manfaat yang bisa mereka dapatkan. Selain itu, Anda juga akan semakin terlatih dalam penggunaan kosa kata, dan bisa mengetahui kata apa yang menarik untuk digunakan.

“Sebelum diterbitkan di media besar, saya mem-posting tentang bisnis saya di Facebook. Ini memungkinkan audiens membaca serta mengetahuinya. Tanggapan mereka yang positif lalu meningkatkan kepercayaan diri saya. Hal itu juga menjadi batu loncatan untuk mendekati media,” terang Caldwell.

2. Menjadi penulis di media

Tidak dapat dipungkiri bahwa media adalah jalan terbaik untuk memopulerkan sebuah bisnis. Selain bisnis Anda butuh diliput, Anda juga bisa menjadi seorang penulis di media yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan demikian, nama bisnis Anda akan ikut populer seiring dengan tulisan-tulisan Anda.

“Ketika saya mendekati Entrepreneur.com, saya melihat ada peluang bagi saya. Karena pada saat itu, Entrepreneur sedang membuka cabang untuk mobile dengan nama Youth Entrepreneur. Karena bisnis saya adalah aplikasi mobile, jadi saya merasa ini cocok dan bisa membantu bisnis saya agar lebih populer,” ucap Caldwell.

3. Tulis pengalaman Anda

Setiap pemilik bisnis startup pasti mengalami masa-masa yang sulit, entah dalam membangun bisnis, mempertahankan hubungan dengan pelanggan, mengelola uang, atau untuk tetap fokus. Semua pengalaman itu bisa Anda bagikan lewat sebuah tulisan. Ini akan sangat berguna dalam membangun kredibilitas dan mendapat perhatian dari masyarakat yang lebih luas.

Ingat, bisnis baru itu butuh sebuah sosialisasi, dan jika Anda tidak menyebarkannya di media, bagaimana khalayak akan mengetahui bisnis Anda?

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan jika akan mendekati media. Pertama, dengan memberikan value pada tulisan Anda. Kedua, dengan memberikan tambahan pengalaman pada tulisan yang akan Anda buat.

Will Caldwell sendiri merupakan pendiri Rivolix, sebuah perusahaan teknologi real-estate berbasis ponsel yang berfokus pada manajemen properti, integrasi MLS / IDX, dan agen penjual perumahan.

 

Sumber: Entrepreneur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.