Mempelajari Pesaing Anda

Mengetahui siapa pesaing Anda, dan apa yang mereka tawarkan, dapat membantu Anda meningkatkan produk, layanan dan pemasaran. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur harga Anda kembali agar lebih kompetitif. Juga membantu Anda untuk merancang kampanye pemasaran guna mengantisipasi “ancaman” kompetitor.

Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menciptakan strategi pemasaran yang mengambil keuntungan dari kelemahan pesaing Anda, dan meningkatkan kinerja bisnis Anda sendiri.

Anda juga dapat menilai ancaman yang ditimbulkan oleh pendatang baru ke pasar Anda, selain dari pesaing saat ini. Pengetahuan ini akan membantu Anda untuk bersikap realistis tentang seberapa banyak sukses yang akan Anda dapat.

Poin pentingnya adalah bagaimana menganalisis siapa pesaing Anda, bagaimana untuk meneliti apa yang mereka lakukan dan bagaimana untuk bertindak atas informasi yang Anda dapatkan.

Siapa pesaing Anda?

Semua bisnis menghadapi persaingan. Bahkan jika Anda satu-satunya restoran di kota, Anda masih harus bersaing dengan bioskop, bar dan bisnis lain di mana pelanggan Anda bisa menghabiskan uang di sana, bukan dengan Anda.

Apalagi  dengan keberadaan internet, semakin banyak barang-barang, layanan dan pilihan rekreasi yang dapat dibeli atau ditelusuri secara online. Anda tidak lagi hanya bersaing dengan perusahaan lokal. Bahkan, Anda bisa menemukan bahwa Anda bersaing dengan bisnis dari negara lain.

Atau, pesaing Anda bisa saja membuat bisnis baru yang menawarkan pengganti atau produk yang serupa dengan milik Anda.

Persaingan tidak hanya datang dari bisnis lain yang sudah eksis. Namun bisa juga datang dari produk atau layanan lain yang sedang dikembangkan, di mana jika Anda ingin mendapatkannya Anda harus  memperoleh lisensi sebelum diambil pihak lain.

Dan jangan hanya meneliti apa yang sudah ada di luar sana. Anda juga perlu terus-menerus mencari kompetisi baru yang mungkin.

Anda bisa mendapatkan petunjuk tentang keberadaan pesaing dari:
* direktori bisnis lokal
* Kamar Dagang dan Industri Lokal Anda
* advertising/iklan
* laporan-laporan pers
* pameran dan pameran dagang
* kuesioner
* mencari di internet untuk produk atau layanan serupa
* informasi yang disediakan oleh pelanggan
* brosur dan literatur pemasaran yang telah dikirim kepada Anda
* mencari produk dipatenkan yang ada yang serupa dengan Anda

Apa yang perlu Anda tahu tentang pesaing Anda

Bagaimana memonitor cara pesaing Anda melakukan bisnis ?  Coba lihatlah:
* produk atau jasa yang mereka berikan dan bagaimana mereka memasarkan ke pelanggan
* harga yang mereka tetapkan
* bagaimana mereka mendistribusikan dan memberikan
* perangkat yang mereka terapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan apa back-up layanan yang mereka tawarkan
* merek mereka dan nilai-nilai desain
* apakah mereka berinovasi baik pada metode, bisnis serta produk
* jumlah staf mereka dan kaliber staf yang mereka tarik
* bagaimana mereka menggunakan TI – misalnya, jika mereka melek teknologi dan menawarkan situs dan email
* siapa yang memiliki bisnis dan orang macam apa mereka
* aktifitas media mereka – periksa koran lokal, radio, televisi dan setiap iklan luar ruang
* kehadiran online mereka – periksalah situs jaringan online serta situs web mereka

Persaingan dalam bisnis adalah hal yang pasti terjadi, tak dapat dihindari. Tinggal bagaimana strategi dan kekompakan tim Anda dalam menghadapi persaingan ini.

(Wachid Fz/Sumber: Bussiness Link UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here