Memilih Tagline yang Tepat untuk Bisnis Anda

0
114
tagline 2022

Marketing.co.id – Artikel Marketing | Tagline adalah suatu slogan yang menggambarkan identitas suatu perusahaan atau merek. Tagline biasanya merupakan satu atau beberapa patah kata yang singkat dan mudah diingat yang menggambarkan esensi dari perusahaan atau merek tersebut. Tagline sering digunakan dalam iklan dan kampanye promosi untuk membantu meningkatkan brand awareness dan mengenalkan perusahaan atau merek kepada calon pelanggan. Beberapa contoh tagline perusahaan atau merek yang terkenal adalah “Just Do It” dari Nike, “Think Different” dari Apple, dan “The Quicker Picker Upper” dari Bounty.

tagline 2022

Lantas, kriteria “tagline” yang baik untuk perusahaan atau brand itu bagaimana? Ada beberapa poin penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain:

  1. Singkat dan mudah diingat. Tagline yang terlalu panjang atau rumit akan sulit diingat oleh orang-orang. Sebaiknya, tagline harus dibuat dengan cara yang mudah diingat, sehingga orang-orang akan dengan mudah mengingatnya.
  2. Menggambarkan identitas perusahaan atau merek. Tagline harus mencerminkan apa yang menjadi keunggulan perusahaan atau merek, sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengingatnya dan mengenali perusahaan atau merek tersebut.
  3. Dapat diidentifikasi dengan mudah. Tagline harus dapat diidentifikasi dengan mudah oleh orang-orang. Ini artinya, tagline harus dibuat dengan cara yang sederhana, sehingga orang-orang dapat dengan mudah memahami arti dan maknanya.
  4. Unik dan berbeda dari pesaing. Tagline harus memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari pesaing, sehingga orang-orang dapat dengan mudah membedakan perusahaan atau merek tersebut dengan pesaingnya.
  5. Dapat dijadikan sebagai dasar kampanye promosi. Tagline harus dapat dijadikan sebagai dasar dari kampanye promosi yang efektif, sehingga perusahaan atau merek tersebut dapat dengan mudah meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian pelanggan.

Apakah sebuah tagline harus berumur panjang alias tahan lama? Tidak selalu. Tergantung pada perusahaan atau brand, ada kalanya tagline harus bertahan lama dan dijadikan sebagai bagian dari identitas perusahaan atau brand tersebut. Namun, ada juga kalanya perusahaan atau brand membutuhkan sebuah tagline yang lebih dinamis atau fleksibel, yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan atau situasi tertentu, tergantung pada keperluan perusahaan atau brand tersebut.

Contoh sebuah perusahaan atau brand yang memiliki tagline yang bertahan lama adalah Nike, yang tagline-nya adalah “Just Do It”. Tagline ini telah menjadi bagian dari identitas Nike sejak tahun 1988, dan masih digunakan hingga saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa tagline tersebut memiliki daya tahan yang baik dan dapat dijadikan sebagai bagian dari identitas perusahaan.

Sebaliknya, contoh sebuah perusahaan atau brand yang memiliki tagline yang lebih dinamis adalah Coca-Cola. Perusahaan ini sering mengubah tagline-nya sesuai dengan situasi atau kampanye yang sedang berjalan. Misalnya, pada tahun 2009, Coca-Cola menggunakan tagline “Open Happiness” dalam kampanyenya, sementara pada tahun 2013, tagline tersebut diganti dengan “Share a Coke”. Hal ini menunjukkan bahwa tagline dapat diubah sesuai dengan kebutuhan atau situasi tertentu.

Lalu apa bedanya tagline dengan motto?

Motto dan tagline adalah dua hal yang berbeda, meskipun kadang-kadang dapat digunakan secara bersamaan atau saling melengkapi. Motto biasanya merupakan prinsip atau nilai-nilai yang dipegang oleh sebuah perusahaan atau organisasi, yang menjadi panduan dalam menjalankan bisnis atau aktivitas mereka. Motto biasanya lebih panjang daripada tagline, dan tidak selalu ditujukan kepada audiens luar.

Sebaliknya, tagline merupakan slogan atau frasa yang digunakan oleh perusahaan atau brand untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Tagline biasanya lebih singkat dan mudah diingat, dan ditujukan kepada audiens luar. Tagline juga bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan brand awareness perusahaan atau brand tersebut.

Sebagai contoh, motto perusahaan Coca-Cola adalah “To refresh the world in mind, body, and spirit, and to create value and make a difference”, sementara tagline yang digunakan oleh perusahaan tersebut adalah “Open Happiness”. Motto perusahaan tersebut menggambarkan prinsip dan nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan, sedangkan tagline tersebut merupakan slogan yang digunakan untuk mempromosikan produk mereka.

Pada akhirnya, keputusan tergantung pada perusahaan atau brand tersebut akan memilih tagline apa yang paling sesuai dengan tujuan dan strategi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.