Mengawal Tansformasi Merek

0
943

MARKETING.CO.ID – Bagi Anda yang suka ngeblog, tentu tak asing dengan lintasberita.com. Portal ini merupakan langganan para blogger untuk menitipkan konten sehingga membantu mengerek traffic blog mereka. Tempat tongkrongan para blogger yang didirikan oleh tiga sekawan, yakni Effendy Soetanto, Edy, dan Erik ini sekarang sudah diakuisisi oleh MerahPutih.Inc, sebuah perusahaan startup lokal sejak September 2010.

Saat ini, hanya Effendy, salah satu pemegang saham lama lintasberita.com, yang masih membantu dalam pengembangan. Sedangkan yang menjadi nahkodanya sekarang ialah David Wayne Ika. Laki-laki berkulit putih ini diangkat sebagai CEO lintasberita.com per Oktober 2010.

Di tangan dinginnya, lintasberita.com dipoles menjadi semakin menggigit, terutama dari sisi revenue—yang dalam waktu enam bulan sudah menunjukkan tren yang positif. Ada misi baru di benak David terhadap lintasberita.com. Ia ingin mengubah lintasberita.com menjadi bukan sekadar portal berita atau tempat penitipan konten. Lebih dari itu, ia ingin melalui media ini para blogger berbakat bisa mengoptimalisasi kemampuan mereka. Seperti apa langkah-langkahnya, dan transformasi apa saja yang bakal dilakukan? Simak penuturannya yang dirangkum berikut ini.

Bisa diceritakan latar belakang MerahPutih.inc mengakuisisi lintasberita.com?

Awalnya sangat sederhana, kami melihat portal ini cukup berpotensi untuk dikembangkan. Hal itu ditilik dari track record-nya yang terbilang fenomenal bagi sebuah portal yang dibuat untuk tujuan hobi semata. Selain itu, lintasberita.com termasuk social bookmarking yang lumayan sukses di Indonesia. Portal ini menjadi platform yang disukai blogger, dengan peringkat Alexa yang selalu di ranking 50 ke bawah. Terus terang bila dilihat dari kesempurnaan produk, kami menganggap portal ini produk belum jadi, namun bisa dioptimalisasi.

Apa keistimewaan portal ini?

Sejak hadir empat tahun silam, lintasberita.com akrab di kalangan blogger sebagai tempat penitipan konten. Portal ini membantu menyebarkan konten, sehingga meningkatkan traffic blog mereka. Karena setiap kali user mengklik konten di lintasberita.com akan langsung diarahkan ke sumber konten tersebut.

Portal semacam ini berpotensi cukup besar di masa mendatang, terlebih menyongsong tahun 2014, saat pertumbuhan jumlah pengguna internet diperkirakan bakal melonjak menjadi 80 juta. Kondisi ini akan menguntungkan buat pemain startup seperti kami. Maka dari itu, semenjak beberapa tahun terakhir kami menanam benih-benih yang berkualitas untuk dituai dua tahun ke depan.

Hal apa saja yang dibenahi MerahPutih.Inc di lintasberita.com?

Pertama, sumber daya manusia. Selama enam bulan pertama, setelah dipercaya sebagai nahkoda lintasberita.com, saya fokus merekrut orang-orang yang profesional di bidangnya. Karena saya yakin, dengan menarik orang-orang kelas A akan memikat klien kelas A, dan menumbuhkan cara kerja yang bagus pula. Prinsip saya dalam merekrut karyawan yaitu 2C—competence dan character. Selanjutnya, yang tidak kalah penting ialah melakukan transformasi.

Seperti apa transformasinya?

Sejak Juni 2011 kami memutuskan untuk mengubah lintasberita.com menjadi lintas.me. Hanya memang belum dikomunikasikan secara massal, lantaran masih dalam tahap inkubasi. Sehingga, baik lintasberita.com maupun lintas.me sama-sama dibiarkan aktif selama ini. Nah, mulai Februari 2012, lintasberita.com resmi berganti identitas menjadi lintas.me. Dengan begitu, traffic yang menuju lintasberita.com otomatis diarahkan ke lintas.me.

Apa yang melatarbelakanginya?

Ini berkaitan erat dengan hasil survei yang kami terima bahwa setiap harinya orang yang membuka page internet bisa 10–12 page. Jelas ini merepotkan. Alangkah baiknya bila ada satu portal untuk semua konten. Karena itu positioning lintas.me, all place one space. Dan tagline yang kami usung dari situ ke situ untuk menjelaskan bahwa di lintas.me, user bisa menemukan informasi apa pun yang mereka butuhkan nantinya.

Bukankah cukup berisiko mengubah domain yang sudah terkenal?

Harus kami akui, risiko kehilangan popularitas brand memang ada, karena kami harus mulai lagi dari nol. Tapi, itu adalah pilihan. Domain lintasberita.com diganti karena kami tidak ingin dianggap sebagai portal berita lagi, melainkan portal social content yang fun dan dynamic. Sebab buat iklan, image portal berita kurang menjual. Karena sudah pasti kalah nama dengan portal berita yang besar, seperti kompas.com, detik.com, dan lain-lain.

Lagi pula, aktivitas kami, kan, sebetulnya sebagai agregator dan kurator. Yang kami lakukan hanya menerima dan menyaring informasi, baik berupa tulisan, video, atau foto dari berbagai sumber, kemudian ditampilkan. Kami bukanlah editorial, sehingga kesan portal berita nampaknya kurang cocok buat kami saat ini.

Apa visi dan misi Anda terhadap lintas.me?

Secara pribadi, saya melihat banyak yang bisa digali dari portal ini. Saya berharap salah satunya ialah dapat mengakomodir sejumlah blogger yang berbakat untuk bisa makin eksis lewat lintas.me, sekaligus mendapat sejumlah keuntungan dari hobi mereka itu. Jumlah blogger Indonesia memang banyak, hampir 4 juta. Namun, kebanyakan blog berisi tentang curhat atau galau-galauan. Yang berkualitas mungkin cuma 0,1%, atau 100–200 blog. Nah, ini yang mau kami garap. Yang diharapkan para blogger ada dua. Pertama, blognya ramai dikunjungi orang dan dibaca; kedua, kalau bisa menghasilkan extra money.

Di kuartal tiga tahun ini, kami sudah menyiapkan skema untuk menjalin kerja sama dengan para blogger dan mitra-mitra lain, seperti portal berita detik.com, kompas.com, dan lain-lain untuk meramaikan lintas.me.

Apa yang membedakan lintas.me dengan lintasberita.com?

Sesuai dengan namanya, lintas.me, news portal ini bakal lebih customize dan personalize. User bisa menentukan berita yang ingin selalu dibaca, dan mana yang tidak perlu dibaca. Begitu login ke lintas.me, semua hal itu dapat diwujudkan. Misal, berita yang paling Anda sukai adalah berita-berita olahraga, maka hanya berita-berita tersebut yang akan Anda baca nanti.

Selain itu, lintas.me juga memiliki fitur “Indonesiaku’, yang tidak dimiliki lintasberita.com. Di fitur tersebut akan ditampilkan berita-berita positif tentang Indonesia. Di lintas.me juga tersedia beragam kanal, sedangkan di sisi atas page ada fitur yang disebut “Hot Topics”. Di sini user dapat menikmati beragam topik terhangat, bukan hanya berupa tulisan, namun juga berupa video dan foto yang terkait dengan topik tersebut.

Setiap hari, berapa total konten yang masuk?

Per hari, jumlah konten yang kami terima 3.500–4.000 konten. Makanya, setiap 3–4 jam sekali kami mengganti konten-konten yang ada.

Apa saja keuntungan yang didapat dari lintas.me?

Sama dengan lintasberita.com, portal ini akan membantu para blogger menaikkan traffic blog mereka dengan menitipkan konten di lintas.me. Salah satu kisah sukses yang sempat saya baca di milis ialah salah seorang blogger yang bercerita jumlah traffic di blognya meningkat 20.000–30.000 dalam 4 jam setelah tulisannya masuk ke Hot Topics di lintas.me. Traffic yang tinggi menjadi modal buat blogger memancing iklan, yang dapat menambah pundi-pundi pendapatan mereka.

Begitu juga dengan portal berita yang nantinya bakal bekerja sama dengan kami. Mereka mendapat traffic, kami mendapat konten untuk dimuat. Jadi, ini simbiosis mutualisme.

Target lintas.me ke depan?

Tahun ini, kami optimistis bisa mencapai top 50 di Alexa, dan target sales sebesar dua kali lipat dibanding tahun 2011. Saat ini, peringkat kami di Alexa sudah 270. Waktu pertama kali dibangun, enam bulan silam, rankingnya  baru 999. Kami juga tengah membuat aplikasi untuk lintas.me agar dapat diakses dari BlackBerry, kemudian Android, selanjutnya baru Windows 7. Kalau soal deadline, jujur saja, kami tidak pernah menetapkan kapan akan selesai meng-improve lintas.me.

Karena buat kami, masih banyak hal yang dapat digali, baik dari sisi user experience maupun user interface. Apakah akan menjadi besar? Kami berharap demikian, namun kami tidak ingin muluk-muluk. Biar waktu yang akan membuktikan. Sama seperti Mark Zuckerberg yang tidak pernah menyangka bahwa Facebook bakal sebesar sekarang, begitu juga kami. So, just do it, itu moto kami.

Sumber pemasukan lintas.me dari mana saja?

Tentunya dari iklan. Yang membedakan ialah cara kami mendekati customer nantinya. Kepada tim sales lintas.me, saya selalu menekankan mereka untuk menjadi konsultan, bukan sales. Karena bila Anda menjual ide, pasti akan selalu diingat dan hubungan yang terjalin bakal panjang ketimbang Anda cuma menjual iklan.

Untuk space iklan, kami diberikan keleluasaan untuk create segala macam hal sesuai yang diinginkan klien. Misalnya, ponsel BlackBerry bisa saja beriklan di button Hot Topics kami, nantinya kami akan tampilkan semua hal tentang BlackBerry, mulai dari tulisan sampai foto dan video mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.