Panasonic Donasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

5
1479
Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa
Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa
Panasonic Power Supply Container di halaman sekolah SDN 01 Karimunjawa
Panasonic Power Supply Container di halaman sekolah SDN 01 Karimunjawa

Panasonic Corporation, produsen elektronik yang berbasis di Jepang baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah mendonasikan power supply container sebagai penghasil listrik tenaga surya (photovoltaic) untuk Sekolah Dasar Negeri Karimunjawa 01, pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan program CSR Panasonic untuk menyediakan listrik ke daerah-daerah yang sepenuhnya belum teraliri listrik. Selanjutnya, listrik ini diharapkan akan bisa memberi kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Pulau Karimunjawa.

Upacara serah terima telah dilakukan pada Kamis, 17 Juli 2014 lalu, bersamaan dengan Koperasi Pundih Artah sebagai mitra program dan IBEKA, sebuah LSM Indonesia.

Yoshiko Kijima, Direktur Eksekutif Panasonic Indonesia menyampaikan rasa bahagianyaatas kontribusimereka terhadap daerahini melalui dukungan yang dilakukan oleh perusahaan Jepang yang telah memberikan bantuanguna menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi masyarakat Indonesia dan untuk selanjutnya dapat membantu pembangunan ekonomi di daerah.

Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa
Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa

Total ada sekitar 250 orang yang hadir pada upacara serah terima tersebut, termasuk di antaranya KH. Ahmad Marzuki (Bupati Jepara), Yoshiko Kijima (yang juga merupakan perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia), Iskandar Kuntoadji Budisaroso (Direktur Perwakilan IBEKA), Tri Mumpuni (Direktur Eksekutif IBEKA), serta para guru dan siswa.

“Saya bangga menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Kami telah melakukan beberapa kegiatan CSR selama setahun terakhir, termasuk sumbangan ‘Solar Lantern’ ke Sumba pada tahun 2014 dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyediakan akses listrik yang baik, membantu pendidikan dan keadaan ekonomi di daerah tersebut,” terang Rachmat Gobel, Komisaris Utama PT Panasonic Gobel Indonesia

Siswa-siswi SDN 01 Karimunjawa berpose di depan Pansonic Power Supply Container
Siswa-siswi SDN 01 Karimunjawa berpose di depan Pansonic Power Supply Container

“Saya berharap semua proyek berkelanjutan ini dapat membuat perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia,serta memahami visi dan misi bisnis kami untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih baik (a better life, a better world),” tambahnya lagi.

Panasonic memilih Karimunjawa karena listrik pada daerah tersebut hanya tersedia di malam hari berkat generator diesel.Sementarapada siang harinya,daerah tersebut tidak memiliki pasokan listrik karena generator dimatikan.

Padahal, ketiadaan listrik pada siang hariini berdampak terhadap keberlangsungan kegiatan administrasi dan niaga, serta perbaikan lingkungan pendidikan yang menjadi prioritas utama.

5 COMMENTS

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tenaga surya.Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai tenaga surya yang bisa anda kunjungi di tenaga surya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.