Service Quality Award 2014, Indikator Mutu Layanan Perusahaan Kepada Pelanggan

0
1922
SQ Award 2014 logo

SQ Award 2014 logoSetiap tahun, Majalah Service Excellent menyelenggarakan penghargaan di bidang pelayanan (service), yaitu Service Quality Award (SQA). Apa yang melatarbelakangi event ini?

Di tengah peta persaingan bisnis yang makin sengit, dibutuhkan upaya terus-menerus untuk memelihara hubungan baik dengan pelanggan. Costumer satisfaction atau kepuasan pelanggan menjadi titik kritis bagi perusahaan untuk bisa mempertahankan kepemimpinannya di pasar.

Tak cukup jika Anda hanya menyediakan layanan yang standar, sekarang Anda sudah harus berpikir untuk memberikan layanan yang bersifat beyond expectation.

Penghargaan SQA ini diberikan kepada perusahaan berbasis pelanggan, penyedia layanan (service provider) dari berbagai industri. Perusahaan yang masuk nominasi adalah perusahaan yang memiliki & mengoperasikan service center atau walk in center sebagai critical contact service antara pelanggan dengan perusahaan.

Walk in center atau tempat pelayanan adalah tempat pelanggan mengalami interaksi dan menerima jasa dari perusahaan. Kualitas interaksi ini membentuk citra perusahaan dan menentukan kepuasan serta loyalitas pelanggan.

Perusahaan yang mendapat penghargaan ini berarti telah mendapat pengakuan dari pelanggan akan kualitas pelayanan yang diberikan selama setahun yang lalu. Mampukah mempertahankan untuk tahun-tahun selanjutnya? Prestasi tersebut diharapkan menjadi motivasi kuat untuk mengkomunikasikan keunggulan yang dimiliki. Tujuannya tentu untuk menciptakan loyalitas, pertumbuhan revenue dan profit perusahaan, serta mempertahankan kualitas pelayanan di tahun-tahun berikutnya.

Perusahaan yang percaya bahwa pelanggan adalah aset yang harus dijaga tentu sadar akan pentingnya kualitas pelayanan ini. SQ Award selama bertahun-tahun telah menjadi simbol kepercayaan pelanggan terhadap kualitas pelayanan perusahaan.

SQA bertujuan untuk mendorong perusahaan meningkatkan keunggulan bersaing di bidang pelayanan agar dapat membangun loyalitas, revenue dan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang.

Juga diharapkan perusahaan mampu menciptakan komunikasi yang efektif kepada pelanggan untuk membangun image sebagai perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

Selain itu SQA juga sbagai bentuk reward kepada divisi/unit/orang di dalam perusahaan yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam membangun kepuasan dan mempertahankan pelanggan.

Apa manfaatnya bagi pelanggan dan para pengguna jasa lainnya? SQA bisa menjadi salah satu referensi bagi para pelanggan dalam memilih perusahaan service provider yang  terbaik. Selain itu juga bisa menciptakan kebanggaan kepada pelanggan karena menggunakan layanan yang bermutu.

Bagi kalangan industri, SQA berguna untuk mengkomunikasikan pentingnya service center sebagai critical contact point dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Juga untuk memacu industri-industri jasa agar dapat menciptakan pelayanan yang berkualitas, serta mengembangkan kemampuan/daya saing para service provider di Indonesia dalam hal pelayanan.

Acara SQA 2014 sendiri akan diselenggarakan  Kamis, 5 Juni 2014 mendatang, bertempat di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.