Sharp Greenerator Implementasi Eco-Tourism di Gunung Gede

0
46
Sharp Greenerator Berhasil Mengumpulkan 20 Kg Sampah Plastik di TNGGP. Foto: Dokumentasi Sharp Greenerator.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dilema sampah plastik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cianjur, Jawa Barat, masih menjadi polemik hingga kini. Tiap tahun, berton-ton sampah diangkut dari jalur pendakian Gunung Gede-Pangrango, bahkan Ketua Sukarelawan Montana, Ahmad Zaini mengaku pihaknya telah berulang kali melakukan pembersihan di dua rute, yaitu Ciputri dan Cibodas.

Sharp Greenerator Berhasil Mengumpulkan 20 Kg Sampah Plastik di TNGGP. Foto: Istimewa.

Melalui Sharp Greenerator, yaitu komunitas muda pecinta lingkungan binaan Sharp, menginisiasikan kampanye Eco-Tourism di TNGGP pada 16-17 Juli 2022 lalu. Aktivitas ini dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian bumi sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2022 silam.

Pandu Setio, Sr. PR & Brand Communication PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) menjelaskan, Sharp Greenerator berkolaborasi dengan Transformasi Hijau (Trashi) dan sukarelawan Montana melakukan kontribusi nyata yaitu ‘Mountain Cleaningsebagai upaya pembersihan dan juga pengamatan tumbuhan serta binatang endemik.

“Selain melakukan pembersihan gunung, anggota komunitas ini juga mengimplementasikan mengenai ‘Zero Plastic Waste’ di pintu registrasi pendakian TNGGP untuk mengingatkan pengunjung agar membuang sampah pada tempatnya, tidak memetik tumbuhan dan melukai satwa di area taman nasional,” ujar Pandu.

Selain edukasi dan upaya pembersihan, Sharp Greenerator membagikan Eco-Friendly Totebag yang dapat digunakan wisatawan untuk menampung sampah pada saat pendakian dan kemudian dibuang setelah sampai di pintu gerbang yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango.

Tak terasa hampir 7 tahun Sharp Indonesia membangun komunitas ini dan hingga kini telah memiliki puluhan anggota yang tersebar di Jabodetabek. Setiap tahun komunitas ini mengadakan bootcamp, pelatihan, ketrampilan dan juga perekrutan anggota baru.

Baca juga: Ini Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan CSR

Sharp Greenerator merupakan implementasi dari konsep CSR yaitu CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Dari konsep ini kemudian dibagi fokus aktivitasnya menjadi 4 pilar utama yaitu lingkungan, edukasi, kesehatan dan sosial.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.