Singapore Changi Airport Raih Service Quality Award 2014

Singapore Changi Airport raih SQA 2014Singapore Changi Airport baru saja meraih penghargaan bergengsi Indonesia Service Quality Award 2014 untuk tahun kedua berturut-turut.

Penghargaan ini diberikan oleh Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL) bersama majalah Service Excellence, di mana Changi Airport memperoleh nilai 4,0561 (di atas 4,0000) untuk indeks kualitas pelayanan (SQindex). Nilai ini yang menghantar Changi Airport memenangkan “Service Quality Diamond Award 2014” dalam kategori International Airport.

Indonesia Service Quality Award adalah penghargaan paling bergengsi untuk kualitas pelayanan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan perusahaan di Indonesia.

Penghargaan diberikan berdasarkan survei tahunan kepuasan pelanggan di 50 industri jasa yang meliputi lebih dari 500 merek, melibatkan 3000 responden dari Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan.

Penghargaan ini membuktikan dedikasi Changi Airport dalam memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi penumpang maskapai penerbangan yang menyinggahi Changi Airport sekaligus membuktikan bahwa warga Indonesia juga menikmati Pengalaman Changi.

Foo Sek Min, Executive Vice President Changi Airport Group mengatakan, “Kami merasa sangat  senang bahwa penumpang dari Indonesia memilih Changi Airport sebagai bandar udara dengan kualitas pelayanan terbaik.”

Menurutnya, penghargaan ini membuktikan keteguhan komitmen perusahaan dalam memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi seluruh penumpang. Perusahaan sangat menghargai dukungan para penumpang dari seluruh dunia, terutama dari Indonesia.

Penghargaan ini akan memacu perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan serta memanjakan para penumpang sehingga mereka memperoleh pengalaman perjalanan yang menyenangkan, dan menjadikan Changi sebagai bandar udara pilihan.

Untuk menyajikan pengalaman yang luar biasa, Changi Airport tidak pernah berhenti berbenah diri untuk menjadikannya sebagai tujuan yang menyenangkan dengan cara menambah berbagai fasilitas dan atraksi baru yang menyegarkan, sembari terus mempertahankan kualitas dari efisiensi dan pelayanan.

Dengan beragam fasilitas untuk relaksasi, arena hiburan, taman tematik, bahkan tur gratis keliling Singapura, para penumpang yang bepergian melewati Changi akan memiliki pilihan tak terbatas.

Changi Airport menyadari bahwa semangat tinggi dari 40.000 anggota komunitas bandar udara untuk melayani 53 juta penumpang setiap tahunnya merupakan salah satu faktor penting di balik kesuksesannya.

Komitmen terhadap layanan terbaik diwujudkan dalam bentuk petugas keliling, yang juga dikenal sebagai Changi Experience Agents, yang mengelilingi seluruh terminal untuk membantu penumpang yang memerlukan.

Selain itu, seluruh karyawan bandar udara mulai dari petugas di tempat pengambilan troli hingga petugas imigrasi juga diwajibkan menjalani pelatihan kualitas pelayanan terlebih dahulu sebelum bertugas. Dengan begitu tingkat pelayanan di Changi menjadi konsisten, walaupun karyawan tersebut datang dari mitra pelayanan yang berbeda.

Indonesia terus menjadi pasar terbesar bagi Changi dengan lebih dari 7,4 juta penumpang yang melewati Changi Airport sepanjang tahun 2013, meningkat 8,8% dibanding tahun sebelumnya.

Perjanjian layanan penerbangan bilateral antara Singapura dan Indonesia yang dimulai pada Februari 2013, membawa peluang baru untuk bertumbuh, terutama rute Singapura-Jakarta, rute penerbangan tersibuk kedua di dunia.

Maskapai penerbangan juga menambah layanan ke dan dari kota-kota sekunder yang semakin bertumbuh seperti Bali, Medan dan Surabaya, sehingga para penumpang dari kota-kota tersebut dapat menikmati pengalaman transit yang luar biasa dan memiliki pilihan destinasi yang lebih banyak yang dapat dicapai melalui Singapura.

Jakarta kembali menempati urutan pertama dalam daftar rute penerbangan tersibuk untuk Changi Airport. Rute Denpasar/Bali juga tetap sangat populer bagi wisatawan, mencatat peningkatan tajam sebesar 17% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadikannya sebagai rute penerbangan dengan pertumbuhan paling cepat dalam daftar rute top 10.

Sejak dibuka pada tahun 1981, Changi Airport menjadi bandar udara yang paling banyak menerima penghargaan dengan lebih dari 460 penghargaan yang telah diterima hingga hari ini.

Editor: Sekar Ayu | Foto: Straitstimes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.