Sistem Underwriting Otomatis Optimalkan Pengalaman Berasuransi

0
1083

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mengenalkan sistem underwriting otomatis bernama Expert Underwriting System (EUS) untuk mengoptimalkan pengalaman berasuransi yang baik kepada calon nasabah.

Sebelum kehadiran EUS, proses penilaian profil risiko terhadap calon nasabah asuransi jiwa atau dikenal dengan sebutan proses underwriting dilakukan oleh tenaga manusia. Seluruh informasi dan keterangan yang diberikan nasabah mengenai riwayat kesehatan yang tercantum di dalam Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) akan dianalisa para underwriter menggunakan kaidah-kaidah umum dan berstandar internasional untuk kemudian ditentukan keputusannya apakah calon nasabah diterima atau ditolak untuk diasuransikan.

Dengan kehadiran EUS, maka peran underwriter manusia digantikan sistem yang telah diprogram untukmemproses underwriting dan tetap sesuai dengan kaidah-kaidah umum di dalam asuransi jiwa. Peran dan kompetensi underwriter manusia akan ditingkatkan untuk memproses data-data calon nasabah yang lebih kompleks dan membutuhkan analisa tertentu yang tidak terdapat di dalam sistem.

“Kami memahami bahwa proses paling awal dari pembelian produk asuransi akan menjadi tolak ukur dari kepuasan dan pengalaman nasabah nantinya. Oleh karenanya, kami mengarahkan transformasi digital untuk mengotomatisasi proses pengajuan asuransi jiwa dari calon nasabah sehingga proses berjalan efektif dan efisien bagi nasabah dan juga agen asuransi yang memasarkannya,” ujar Handojo G. Kusuma, Deputy CEO Allianz Life Indonesia.

EUS dioperasikan melalui aplikasi pemasaran khusus untuk agen asuransi jiwa Allianz Life menggunakan platform sistem operasi iOS, yang telah lebih dulu diluncurkan pada 2014. EUS memainkan peranan pada tahap calon nasabah mengisi SPAJ dalam bentuk urutan pertanyaan riwayat kesehatan yang bersifat refleksif, atau urutan pertanyaan yang dipicu dari jawaban atas pertanyaan sebelumnya.

Hal ini tentunya meningkatkan transparansi di antara calon nasabah dan agen asuransi, karena kedua belah pihak dapat mengikuti dan mengetahui seluruh pertanyaan yang diajukan. Selama proses ini agen asuransi berperan aktif memberikan penjelasan mengenai berbagai istilah teknis asuransi sekaligus memastikan bahwa jawaban calon nasabah adalah jujur dan sesuai keadaan sebenarnya.

EUS hadir melengkapi berbagai layanan dan perlengkapan Tenaga Pemasaran berbasis digital Allianz Indonesia yang telah lebih dulu diluncurkan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, baik untuk asuransi jiwa dan kesehatan serta asuransi kerugian.

Hampir seluruh titik sentuh (touch points) layanan kepada nasabah telah mengalami transformasi digital. Mulai dari pembuatan ilustrasi asuransi jiwa, pengajuan permohonan asuransi jiwa, pembayaran premi awal dan lanjutan, portal berbasis akun pribadi untuk segala informasi terkait kepemilikan polis, serta pengajuan klaim penggantian biaya (reimbursement) pengobatan bagi nasabah asuransi kesehatan.

Allianz Life juga terus mengajak nasabahnya yang belum menggunakan layanan laporan pernyataan transaksi elektronik (e-statement) untuk segera bermigrasi menggunakannya. Selain karena terjamin keamanannya dengan menggunakan kata sandi (password), laporan pernyataan dapat diterima dengan lebih cepat dan langsung di genggaman penerimanya, karena mayoritas nasabah telah menggunakan smartphone yang mendukung fungsi penerimaan surat elektronik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.