Strategi OPPO Tingkatkan Pangsa Pasar Perangkat 5G di Indonesia

Model memperkenalkan smartphone OPPO

Marketing.co.id – Berita Marketing | Laporan terbaru firma IDC pada kuartal kedua tahun 2022, mencatatkan OPPO sebagai market leader smartphone di Indonesia. Secara keseluruhan, di kuartal kedua 2022 OPPO tercatat sebagai penguasa market share Indonesia dengan pangsa pasar 20.6% atau naik 1,5% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu.

Kenaikan ini bisa dibilang cukup signifikan dalam kondisi ekonomi global yang kurang begitu baik, inflasi yang tergolong tinggi dan kenaikan suku bunga yang tentunya bisa memengaruhi minat konsumen dalam membeli perangkat baru.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A dalam keterangan resminya mengatakan, laporan IDC tersebut selaras dengan data internal OPPO yang melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G.

“Memang kami melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G berkat kehadiran lini seri Reno7. Segmen kelas menengah menjadi salah satu kontribusi terbesar OPPO di pasar smartphone Indonesia, memberikan kontribusi hampir 30-40%. Di kuartal kedua ini kami mencatat hal yang sama dengan IDC. Selain lini seri Reno7, OPPO A96 juga memberikan kontribusi market share yang cukup tinggi,” jelas Aryo.

Banyaknya portofolio perangkat kelas menengah yang disajikan menjadi faktor pendukung kenaikan pangsa pasar OPPO di kuartal kedua tahun 2022. OPPO cukup kuat menguasai pasar perangkat pada rentan harga 2,9 juta hingga 5,9 juta rupiah.

Bahkan menurut IDC, 46,9% total pengiriman OPPO di 2022 berada pada segmen ini. Strategi untuk meningkatkan pasar 5G OPPO di Indonesia pada kuartal selanjutnya kembali diterapkan melalui peluncuran produk terbaru lini seri OPPO Reno8 yang baru diluncurkan Agustus lalu.

“OPPO sangat optimis pangsa pasar perangkat 5G akan meningkat pada kuartal mendatang setelah kehadiran lini seri Reno8. Selain itu untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” tutup Aryo.

Selain menghadirkan perangkat 5G baru melalui lini seri Reno8 di Indonesia, OPPO juga berencana menghadirkan beberapa perangkat IoT baru untuk mendukung ekosistem. Dua diantaranya yang sudah diluncurkan adalah True Wireless Stereo (TWS) OPPO Enco Buds2 dan OPPO Enco Air2 Pro.

Sementara perangkat lain berupa gelang kesehatan OPPO Band 2 dan perangkat tablet pertama OPPO Pad Air yang diperkirakan diperkenalkan di kuartal akhir tahun 2022 jika tidak ada halangan.

Kedepan, OPPO akan berupaya memperkuat posisinya di kelas menengah dengan menghadirkan beberapa perangkat baru dan ekosistem IoT pendukungnya dan juga mewujudkan janjinya untuk dapat menghadirkan teknologi terkini dan terbaru pada seluruh lini seri perangkatnya agar dapat dinikmati oleh lebih banyak pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.