The Jungle, Sang Market Leader Peraih Top Brand Award

IMG-20130603-04602Untuk kelima kalinya Marketing Group sukses menyajikan acara Live Talkshow “Seputar Top Brand” yang mengulas rahasia sukses merek peraih Top Brand Award yang ditayangkan di Jak TV, pada Senin, 3 Juni 2013.

Pada kesempatan ini hadir dua orang narasumber dari industri wisata air The Jungle, yaitu Mohammad Taufiq selaku Chief Operating Officer The Jungle (PT Graha Andrasentra Propertindo) dan Zakky Afifi selaku General Manager The Jungle.

Acara ini dipandu oleh Gadiza Fauzi selaku host dan co-host PJ Rahmat Susanta, Editor in Chief Majalah Marketing.

Menurut Mohammad Taufiq, “Perkembangan bisnis wisata air sangat pesat di berbagai penjuru Indonesia. Oleh karena itu untuk menjaga eksistensinya The Jungle selalu melakukan inovasi dan berbagai hal yang terbaik seperti questioner kepada konsumen yang mendorong The Jungle untuk mampu menciptakan hal baru setiap tahunnya.”

Salah satu strategi  The Jungle dalam memenangkan persaingan bisnis waterpark ini adalah dengan menciptakan wahana yang bisa mengakomodir semua kalangan pengunjung The Jungle, dengan melakukan survei terlebih dahulu baik di dalam dan di luar negeri.

The Jungle berlokasi di Bogor yang merupakan daerah tujuan wisata dan banyak dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya. Terbukti dengan banyaknya aktivitas perusahan melakukan gathering di lokasi Puncak, berwisata ke Bogor, sehingga terlihat bahwa potential market Bogor ini sangatlah besar.

“The Jungle aktif dalam mengadakan aktivitas promosi baik BTL dan ATL. Hasilnya di tahun ke-6 ini total pengunjung semakin bertambah. Dan prestasi The Jungle dalam meraih Top Brand Award selama 3 kali berturut–turut ini menjadi bukti masih dicintai masyarakat Indonesia. Selain itu, The Jungle juga mengadakan berbagai event musik nasional, dan daerah. ” kata Zakky Afifi GM The Jungle.

“The Jungle juga melakukan program siswa berprestasi di mana setiap siswa berprestasi di sekolah dapat berkunjung ke The Jungle dengan gratis, dan ini memiliki dampak positif bagi The Jungle sendiri. Program stiker merupakan salah satu program efektif kami untuk melakukan promosi secara luas dengan biaya murah, yang saat ini bisa dilihat di kaca–kaca mobil ketika Anda berkendara di jalan,” lanjut Zakky Afifi kemudian.

Adapun fasilitas atau wahana yang dapat dinikmati ketika berkunjung di The Jungle diantaranya Fountain Futsal dimana orang bisa bermain futsal di lapangan yang ada air mancurnya, Lazy River  dimana orang masuk ke wahana ini dapat melihat ikan,karena di sebelahnya terdapat aquarium, dan wahana-wahana lainnya.

“Harga tiket saat weekday  sebesar Rp 50.000, saat weekend Rp 70.000 dan saat liburan hanya sebesar Rp 85.000. Didukung lagi program diskon, program merchant, dan berbagai promo, termasuk untuk menjadi member club hanya membayar Rp 200.000  selama 6 bulan atau hanya Rp 30,000/bulan, bisa sepuasnya di The Jungle.” Ujar Zakky.

Menurut Taufiq,”Untuk pengembangan ke depan  The Jungle akan memiliki Jungle Fest  yang dibuka mulai jam 14.00 – 23.00. Tujuannya agar The Jungle menjadi destinasi pengunjung dari pagi sampai malam, dimana akan disuguhkan berbagai makanan khas, art, culture, yang sangat memanjakan para pengunjung nantinya. Termasuk The Jungle akan mengembangkan sayap di daerah Sidoarjo Jawa Timur di 2014 – 2015.”

“The Jungle telah 3 tahun berturut – turut mendapat Top Brand, terbukti  semenjak 2010 sejak The Jungle mendapat Top Brand Award untuk pertama kalinya tentunya ini berdampak signifikan secara revenue,  pengunjung, dan awareness  bagi The Jungle.  Bahkan, di tahun 2013 ini juga sangat mengalami kenaikan revenue yang signifikan. Logo Top Brand dipasang di semua media promosi The Jungle baik untuk BTL maupun ATL. Ini merupakan motivasi terkuat untuk bisa meraih kembali Top Brand Award di tahun 2013 ini. Saat ini segmen yang dituju oleh The Jungle adalah segmen anak – anak usia sekolah TK dan SD. Saat ini pengunjung di  saat weekday ada sekitar 10.000 pengunjung per hari, bahkan di bulan Mei  sebesar 13.000 pengunjung per hari, untuk family  saat weekend  sekitar 6.000 – 8.000 pengunjung. “Tegas Zakky.

Menurut Zakky, strategi The Jungle mempertahankan Top Brand Award, yang pertama adalah dengan menjaga service quality ke pengunjung dari level staff bawah sampai level top management adalah dengan cara yang sama.

“Dan strategi mempertahankan market share dengan memelihara questioner dari pelanggan. The Jungle sudah masuk ke dalam sebuah Asosiasi Water Park di Dunia bernama IYAPA yang menaungi seluruh wahana water park di dunia. The Jungle saat ini memiliki prestasi luar biasa masuk dalam 18 besar dunia dan memiliki pengunjung terbanyak di Indonesia. Ditambah komitmennya untuk selalu membawa logo Top Brand ke kancah dunia. “ tegas Mohammad Taufiq di akhir segmen talkshow ini.

“Enjoy The Ultimate Fun In The Jungle Sensation.” Itulah tagline The Jungle yang memiliki lokasi yang memiliki view atau pemandangan yang sangat sensational termasuk dikelilingi Gunung Salak sebagai salah satu daya tariknya.  (Andria Wijaya)

1 COMMENT

  1. Salah satu strategi pemasaran The Jungle dengan menggaet eo wisata outing dengan menjual tiket murah utk group anak sekolah. goo.gl/PTpcvH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.