Tips Aman Belanja di Luar Negeri

0
806
tren jual beli melalui media sosial social commerceharbolnas 2016 belanja online

tips aman belanja di luar negeriTerdapat beragam tempat berbelanja terbaik untuk mendapatkan barang-barang yang sangat kita inginkan saat liburan, mulai dari Chatuchak di Bangkok, Ladies Market di Hong Kong, Oxford Street di London hingga mal-mal di Amerika Serikat.

Hal yang Anda ingin hindari ketika asyik berbelanja adalah kehabisan mata uang setempat atau bahkan mungkin uang tunai Anda dicuri.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan bahwa Anda memiliki kartu kredit yang tidak hanya menawarkan kenyamanan dan membantu mencatat pengeluaran, namun juga menyediakan perlindungan dan keamanan di manapun dan kapanpun Anda bepergian.

Berikut tiga tips untuk memastikan aktivitas belanja Anda lebih mudah dan aman di luar negeri:

Informasikan pada pihak bank sebelum Anda pergi

Menggunakan kartu kredit atau debit saat di luar negeri terkadang memicu adanya tindakan pencegahan terhadap penipuan yang mengakibatkan kartu Anda terblokir untuk sementara.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberitahukan rencana perjalanan Anda kepada pihak bank penerbit kartu agar tidak kehilangan kesempatan memiliki barang-barang belanjaan yang sudah lama diinginkan.

Simpanlah nomor-nomor kontak penting

Pada saat kartu Anda terblokir karena adanya tindakan pencegahan penipuan saat melakukan transaksi, tentu Anda tidak ingin membuang waktu mencari cara untuk mengaktifkan kartu.

Apalagi jika kartu anda dicuri, pastinya Anda tidak ingin orang lain menyalahgunakan kartu tersebut di saat Anda tengah berjuang menghubungi pihak bank untuk memblokir transaksi dari kartu Anda.

Siapkan daftar nomor telepon internasional dari institusi keuangan Anda sebelum keberangkatan, agar terhindar dari kemungkinan tersebut di atas.

Simpan bukti pembayaran Anda

Apapun transaksi yang Anda gunakan untuk membayar belanjaan, baik dengan uang tunai atau kredit, selalu minta salinan bukti pembayaran.

Pastikan untuk selalu mengecek bahwa jumlah pembelian sudah benar dan sesuai dengan perhitungan di dalam laporan transaksi kartu kredit. Apabila pengembalian uang diperlukan, Anda tidak akan ditangkap tanpa bukti pembelian yang jelas.

Dengan berbekal tips aman belanja di luar negeri ini, semoga Anda dapat menikmati perjalanan yang aman dan menyenangkan!

Editor: Putri Sekar

Sumber: Mastercard

Foto: www.phillymag.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.