Tips Bagi UMKM yang Akan Promosi Produk Baru

0
59
the most Trusted E-commerce

Marketing.co.id – Artikel UMKM | Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar bagi produk baru yang dihasilkan oleh UMKM. Melalui promosi, UMKM dapat mengkomunikasikan kepada calon konsumen tentang produk baru yang dihasilkan, menarik perhatian calon konsumen, dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, promosi dapat membantu UMKM untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

the most Trusted E-commerce

Untuk mempromosikan produk baru, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial. Buatlah akun media sosial untuk produk tersebut dan mulailah membagikan informasi tentang produk tersebut kepada para follower Anda. Pastikan untuk menyertakan gambar dan deskripsi yang menarik agar pemirsa tertarik untuk membeli produk tersebut.

Kedua, Anda juga dapat mengadakan event atau pameran untuk mempromosikan produk tersebut. Ini dapat dilakukan dengan mengadakan pameran produk atau demo produk di tempat yang strategis. Anda juga dapat mengadakan kompetisi atau hadiah untuk para pengunjung yang berpartisipasi dalam event tersebut.

Ketiga, Anda dapat menggunakan metode tradisional seperti menempatkan iklan di surat kabar atau majalah bahkan radio dan TV jika budget-nya mencukupi. Ini akan membantu meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian calon pelanggan. Pastikan untuk menyertakan informasi yang cukup untuk menarik minat pembaca, pendengar atau pemirsa dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk tersebut.

Bagaimana konsep dan strategi promosi produk baru? Untuk mengembangkan konsep dan strategi promosi yang jelas dan efektif untuk produk baru, pertama-tama Anda harus memahami target market dan kebutuhan pasar. Ini akan membantu Anda menentukan jenis promosi yang tepat dan cara yang efektif untuk menjangkau target market.

Selanjutnya, Anda perlu mengembangkan pesan promosi yang menarik dan menjual produk. Ini harus memiliki nilai yang jelas bagi target market dan menjawab pertanyaan mereka tentang produk tersebut.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan saluran promosi yang sesuai dengan target market Anda. Ini dapat berupa media sosial, event, iklan, atau saluran lain yang efektif untuk menjangkau target market Anda.

Tak kalah pentingnya adalah jalankan promosi dengan konsisten dan pantau hasilnya secara teratur untuk mengukur efektivitas strategi Anda dan mengevaluasi kebutuhan untuk membuat perubahan.

Waspadai penyebab kegagalan promosi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan promosi suatu produk baru, di antaranya adalah:

  1. Pesaing yang kuat: jika produk yang dijual memiliki pesaing yang kuat dan sudah dikenal oleh masyarakat, maka produk baru akan kesulitan dalam menarik perhatian konsumen.
  2. Target pasar yang tidak tepat: jika target pasar yang dipilih tidak tepat, maka promosi produk baru akan kurang efektif dan tidak akan menarik perhatian konsumen yang sebenarnya.
  3. Pesan promosi yang kurang jelas: jika pesan promosi yang disampaikan tidak jelas dan tidak menarik perhatian konsumen, maka promosi akan gagal dalam menjual produk.
  4. Biaya promosi yang terlalu tinggi: jika biaya promosi yang dikeluarkan terlalu tinggi, maka produk baru akan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menutupi biaya promosi tersebut.
  5. Kualitas produk yang kurang baik: jika kualitas produk yang dijual kurang baik, maka konsumen akan cenderung menolak untuk membeli produk tersebut, meskipun promosi yang dilakukan cukup bagus.
  6. Fasilitas pembayaran yang tidak mudah: jika fasilitas pembayaran yang ditawarkan tidak mudah, maka konsumen mungkin tidak tertarik untuk membeli produk tersebut.
  7. Ketidakmampuan menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen: jika promosi yang dilakukan tidak diikuti dengan pelayanan yang baik kepada konsumen, maka konsumen mungkin tidak tertarik untuk membeli produk tersebut.
  8. Konkurensi produk dapat menjadi faktor penyebab kegagalan promosi produk baru: Jika pasar sudah dipenuhi oleh produk yang serupa atau bahkan lebih baik dari produk yang ingin Anda promosikan, maka promosi yang Anda lakukan mungkin tidak akan efektif atau bahkan tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Ini karena konsumen mungkin lebih tertarik untuk membeli produk kompetitor yang sudah terbukti dan dikenal di pasar.

Untuk memastikan keberhasilan promosi produk baru, penting untuk menyusun strategi dengan seksama. Hal ini akan membantu membuahkan hasil yang bagus, sehingga kelangsungan hidup UMKM dapat terus dijaga.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dari promosi produk baru, perlu adanya strategi yang terperinci dan terencana dengan baik. Dengan demikian, promosi tersebut dapat membawa dampak positif bagi UMKM yang bersangkutan, seperti meningkatnya penjualan dan peningkatan citra perusahaan. Hal ini akan membantu menjamin keberlangsungan hidup UMKM di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.