Tips Nyaman dan Sehat Selama Kehamilan Hingga Persalinan 

0
49
Tips Nyaman dan Sehat Selama Kehamilan Hingga Persalinan  Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Nutrisi penting bagi ibu hamil & menyusui bersama Blackmores

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Nutrisi penting bagi ibu hamil & menyusui bersama BlackmoresMarketing.co.id – Berita Lifestyle | Penting bagi setiap calon orang tua yang sedang mempersiapkan persalinan untuk terus update terkait perkembangan informasi dan pengetahuan di setiap usia kehamilannya agar bisa relevan dengan kondisi yang sedang dialami.

Salah satu Expert Tentang Anak dr. Darrell Fernando dalam webinar Tentang Anak beberapa waktu lalu mengatakan bahwa menjaga kesehatan mental orang tua juga tidak kalah pentingnya, khususnya ibu selama proses kehamilan hingga setelah melahirkan nantinya.

“Jika mengalami gangguan jiwa seperti sering nangis, merasa hampa, tidak dapat beraktivitas, mendengar suara, cemas berlebih, segeralah konsultasikan diri ke dokter dan ahlinya. Kabar baiknya, para orang tua dan calon orang tua dapat mengakses berbagai informasi yang berasal dari sumber kredibel serta bertanya dengan banyak ahli melalui aplikasi Tentang Anak,” ujarnya.

Selama sesi webinar Tentang Anak tersebut,  dr. Darrell membeberkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan guna menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan, di antaranya:

  • Kontrol kehamilan sesuai jadwal termasuk untuk pemeriksaan USG: minimal 4x pemeriksaan USG selama kehamilan. Ketika trimester 1 (usia 10-13 minggu), trimester 2 (usia 20-24 minggu), trimester 3 (usia 28-31 minggu dan 36 minggu)
  • Perhatikan nutrisi dan pola makan dengan gizi seimbang: tidak ada makanan “superior” atau paling bagus dibandingkan makanan yang lainnya. Ibu hamil dapat mengonsumsi  variasi jenis makanan untuk memenuhi kecukupan gizi.
  • Konsumsi vitamin sesuai anjuran dokter: kebutuhan vitamin ibu hamil termasuk zat besi, asam folat, dan vitamin D. Namun, sebelum mengonsumsi ini semua ibu hamil wajib konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Berolahraga: usahakan untuk beraktivitas fisik sebanyak 150 menit dalam seminggu atau 20-30 menit setiap harinya dan hindari aktivitas berat seperti lompat-lompat.
  • Mengenali tanda bahaya setiap trimester seperti muntah hebat, pendarahan, kontraksi, atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, tidak merasakan gerakan janin, dan kejang.
  • Persiapan ASI sejak kehamilan. Orang tua dapat mengkonsultasikan kondisi medis ke dokter, bidan, konselor laktasi sejak hamil. Selain itu orang tua dan lingkungan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman, dukungan yang penuh dan menghindari stres agar proses mengASIhi dapat berjalan lancar. Kecukupan gizi ibu dan inisiasi menyusui dini (IMD) juga memiliki peranan penting dalam perjalanan mengASIhi.

Itulah tips nyaman dan sehat selama proses kehamilan hingga persalinan. Apakah Anda memiliki tips lain? Beritahu kami dalam kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.