Trik Melawan Rasa Takut Berbicara di Depan Umum!

0
1393

public speakingKemampuan berbicara di depan umum (public speaking) sangatlah penting, baik dalam kehidupan pribadi maupun karir.

Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Namun, rasa gugup mudah sekali menghampiri tatkala kita hendak berbicara di depan umum. Padahal kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu modal bagi Anda jika ingin mengembangkan bisnis.

Anda akan kehilangan banyak kesempatan yang sebetulnya bisa didapat dengan mudah tapi sirna karena Anda hanya duduk di belakang layar saja.

Anda harus keluar untuk menjual produk kepada pelanggan potensial, Anda perlu melakukan presentasi di depan investor untuk mendapatkan modal.

Bagi sebagian besar orang, demam panggung sangat mudah sekali mereka alami ketika berada di depan banyak orang.

Lucunya, jika Anda berbicara dengan salah satu audience secara individu, Anda merasa baik-baik saja. Cobalah berbicara dengan mereka semua dari atas panggung.

Berikut adalah trik berbicara di depan umum yang bisa Anda coba seperti kami kutip dari start-upsmart.com:

public-speaking

Anggap mereka tidak ada

Anggap di ruangan hanya ada satu orang, dan lainnya tidak ada. Lakukan kontak mata dengan satu orang jika Anda bisa dan bicaralah hanya dengan dia, seolah-olah ini hanya percakapan Anda dengan orang tersebut.

Jadikan orang tersebut titik fokus

Setelah itu, jadikan orang tersebut titik fokus Anda. kemudian pindah ke titik-titik berikutnya dengan melihat orang lain dan berbicara hanya kepada orang yang Anda lihat. Mungkin juga Anda merasa bahwa melakukan presentasi pada satu orang jauh lebih mudah ketimbang melakukan presentasi di sebuah ruangan yang di penuhi orang.

Selesaikan satu persatu!

Editor: Wahid FZ | Sumber: StartupSmart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.