Waspada Dampak Negatif Sosial Media Pada Anak Remaja

0
290

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Media sosial saat ini menjadi salah satu wadah untuk mencari informasi. Bahkan sejak masa-masa sekolah anak remaja gen Z sudah akrab dengan media sosial. Media sosial menjadi cara bagi anak remaja untuk mencari ‘penerimaan’ dari orang lain dan untuk mengisi kekosongan. Anak remaja memegang kendali penuh atas image yang mereka gambarkan sesuai keinginannya. Di satu sisi dengan mereka membuat media sosial, menerima dukungan positif sehingga membuat senang sehingga mereka menginginkan hal yang lebih lagi. Bagi psikologi, sensasi seperti ini diterjemahkan sebagai kepercayaan diri temporary.

Namun disisi lain media sosial mempunyai dampak buruk juga. Banyaknya intimidasi online dan hal negatif yang harus disaring di aplikasi media sosial membuat akhirnya banyak anak remaja menjadi mempunyai dampak jangka panjang pada kepercayaan diri dan kesehatan mental para remaja.Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial, akan mempunyai dampak penyempurnaan persona online mereka. Bagaimana citra yang harus ditampilkan mereka dihadapan orang lain secara ‘sempurna’. Sudah banyak dampak negatif dari media sosial yang menjelma menjadi beberapa hal berikut seperti:

  1. Masalah kesehatan mental

Penelitian yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan 2 jam atau lebih di media sosial dalam sehari memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan mental. Depresi adalah hasil yang paling sering terlihat, dan masalah ini juga bisa menjadi tanda bahwa anak Anda telah diintimidasi secara online.

  1. Aktivitas seksual yang tidak senonoh

Dengan adanya media sosial, para remaja kini telah jauh lebih mudah untuk mengirim dan menerima konten yang tidak pantas tanpa sepengetahuan orang tua mereka. Di sisi yang lain, para predator seksual juga semakin mudah untuk menjangkau para remaja.
Faktanya, ketika anak-anak tidak memiliki pengaturan privasi yang benar, TikTok dapat menjadi saluran populer bagi para predator seksual untuk menjangkau para remaja melalui kolaborasi. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di aplikasi sosial untuk berkomunikasi dengan teman dan bertemu orang baru, semakin besar kemungkinan anak-anak terpapar konten eksplisit ini.

  1. Penindasan online

Sebagian besar orang tua pernah bertemu satu atau dua pelaku intimidasi dalam hidup mereka, tetapi mungkin bukan pelaku intimidasi di dunia maya. Akan jauh lebih mudah untuk mengatakan hal-hal jahat kepada orang lain jika Anda tidak harus menatap mata mereka, dan efeknya pada anak-anak ternyata sangat berbahaya.
Perundungan yang terus menerus akan mengarah pada depresi dan kecemasan remaja, dan yang lebih buruk lagi, bunuh diri. Menurut penelitian, anak perempuan adalah yang paling berisiko terhadap dampak negatif media sosial ini.
Melihat peliknya masalah ini, para orang tua harusnya lebih selektif dalam penggunaan gadget bagi anak remaja mereka. Ketimbang menghabiskan waktu di media sosial, akan lebih baik jika teknologi ini bisa digunakan untuk menambah life skills yang berguna. Contohnya dengan mendaftar ke LingoAce.
LingoAce adalah startup EdTech kelas dunia yang fokus untuk memberikan pengalaman pembelajaran bahasa Mandarin untuk anak umur 6 sampai 15 tahun. Portal belajar ini menawarkan pengalaman belajar bahasa yang imersif, yang disesuaikan dengan kebutuhan semua peserta didik yang memiliki berbagai tingkat kemahiran bahasa dan beragam latar belakang budaya.
Kelebihan utama dari LingoAce adalah keputusan platform ini untuk hanya menggunakan konten digital yang telah didukung penelitian dan riset yang tepat. Proses pengajarannya juga dilakukan langsung oleh para guru bahasa Mandarin bersertifikasi global. Sebagai komponen pemanis terakhir, LingoAce juga telah menyiapkan platform yang dilengkapi fitur animasi, permainan, dan teknologi AI.
Gabung sekarang ke LingoAce dengan mengisi form pendaftaran pada link berikut ini.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.