WOW di Gebyar Bakti BCA

0
707

MARKETING, Jakarta – Sebagai bentuk komitmen program bakti BCA untuk terus berupaya mendukung perkembangan seni dan budaya di tanah air, beberapa waktu lalu, PT Bank Central Asia Tbk, (BCA) mempersembahkan program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’. Bekerjasama dengan Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia), BCA mengemas program ini dalam suatu tayangan edukasi berseri yang bertajuk World of Wayang (WOW) yang disiarkan di Kompas TV setiap Minggu siang.

Sebagaimana kita ketahui, kesenian wayang terus berkembang dari masa ke masa. Tak bisa dipungkiri, wayang merupakan salah satu seni budaya Indonesia yang paling popular bila dibandingkan dengan karya seni budaya lainnya. Dalam perkembangannya, wayang banyak dipergunakan sebagai sarana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sehingga wayang dipergunakan sebagai media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan dan kritik sosial dengan filosofi tinggi.

“Tayangan ini merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan kembali wayang yang belakangan ini kurang diperhatikan oleh berbagai kalangan,” kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA saat meresmikan program ini di Jakarta, Kamis (28/6) lalu.

Ia berharap, dengan adanya program ini, upaya pelestarian wayang kepada generasi selanjutnya dapat terus terjadi sehingga tidak perlu terjadi kekhawatiran akan putusnya transformasi budaya dari generasi masa lalu ke generasi masa kini dan masa depan.

“Salah satu budaya milik bangsa kita yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO adalah wayang.  Kalau selama ini banyak dari kita hanya mengenal beberapa jenis wayang seperti wayang kulit dan wayang golek, lewat program ini, diharapkan masyarakat bisa mengenal lebih dalam dan lebih luas lagi tentang seni dan budaya wayang,” katanya.

Selain program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’, BCA sendiri secara aktif mengembangkan berbagai kegiatan sosial antara lain dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan bantuan penanggulangan bencana alam.

Sementara untuk implementasi dukungan dibidang seni dan budaya, selain lewat program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’, BCA juga melakukan dukungan pada pementasan Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2012, Pementasan Wayang Orang, Pementasan Opera Jawa Kolosal Matah Ati, Pementasan Wayang Shie Jim Khie, Borobudur Interhash, Jazz Gunung 2012 dan lain-lain.

Sementara itu, Ekotjipto, Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia menyambut baik dukungan BCA terhadap pelestarian wayang lewat program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’.

“Dukungan dari BCA diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat dari berbagai generasi dami kelangsungan dan keterpeliharaan kehidupan wayang itu sendiri,” pungkasnya. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.