Teknologi Mobile Bakal Mengubah Cara Anda Berbisnis di 2014

0
1026
Teknologi Mobile Bakal Mengubah Cara Anda Berbisnis di 2014

Teknologi Mobile Bakal Mengubah Cara Anda Berbisnis di 2014Anda Pemilik bisnis kecil, bersiaplah! Tahun 2014 teknologi mobile akan semakin membantu Anda terhubung dengan pelanggan, menjual produk serta tetap produktif di manapun Anda berada.

Dengan kata lain, perkembangan teknologi mobile sekarang ini ingin mengubah cara Anda melakukan bisnis.

Phablet

Jika Anda belum memiliki smartphone ukuran besar/tablet hybrid – sering disebut phablet – mungkin Anda ingin memilikinya sekarang. Pasalnya, Selama dua tahun terakhir ini, ukuran smartphone trennya semakin besar. Tahun lalu, phablet – seperti Galaxy Note 3 berukurn 5,7 inci – sukses besar di pasaran dan beberapa smartphone ukuran besar lainnya tengah dipersiapkan untuk tahun ini. Baca: Phablet Sukses Besar di Pasar Asia.

Tentunya ukuran yang besar memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna bisnis. Tampilannya yang besar membuat kita nyaman melakukan browsing. Mereka juga menawarkan ruang bagi pengguna bisnis yang diperlukan seperti untuk mengedit dan melihat dokumen serta spreadsheet. Dengan kata lain, memiliki phablet artinya Anda bisa bekerja dengan ponsel Anda.

Multitasking

Sistem operasi mobile seperti Android dan iOS dirancang dengan kemampuan untuk melihat dua atau lebih aplikasi secara bersamaan. Tahun lalu, kita bisa melihatnya pada ponsel Android yang telah meningkatkan produktivitas fiturnya seperti pada perangkat Samsung dan LG.

Kehadiran phablet membuat lebih praktis untuk bekerja di beberapa jendela pada saat yang bersamaan. Fitur ini juga telah dibenamkan pada handset yang lebih sederhana seperti Samsung Galaxy S4 4,9 inci.

Tidak mau ketinggalan, tablet Windows 8 juga menghadirkan kemampuan multitasking. Ini merupakan nilai tambah bagi pengguna bisnis mobile yang ingin memeriksa email ketika sedang browsing. BlackBerry dengan OS terbarunya BB10 juga membenamkan kemampuan ini.

Smartwatch

Smartwatch pertama kali diluncurkan tahun lalu. Tapi, di 2014 bisa menjadi tahunnya bagi mereka untuk berekspansi. Serangkaian perangkat pergelangan tangan ini siap di luncurkan musim gugur ini, termasuk Google dan Apple yang dikabarkan akan menyiapkan smartwatch untuk dirilis di 2014. 

Gadget yang wearable ini bukan hanya barang baru,  namun juga sangat bermanfaat bagi pengguna bisnis. Perangkat ini sangat cocok disandingkan dengan smartphone. Anda bisa memindai akun untuk memberitahu tentang email, pesan teks, jadwal harian dan banyak lagi. Intinya, pengguna bisnis tidak kehilangan email, panggilan telepon atau menghadiri pertemuan penting karena perangkat ini akan memberitahu Anda.

Bahkan beberapa model memiliki kemampuan mikropon built-in agar pengguna dapat membuat catatan atau melakukan pencarian dengan suara.

Tablet/laptop hybrid

Netbook akan kembali populer. Sekarang ini tablet yang dipasangkan dengan aksesoris keyboard bukanlah hal yang baru. Namun penerapannya akan semakin populer tahun ini.

Lebih penting bagi pengguna bisnis, 2013 merupakan tahun ketika tablet akhirnya benar-benar menggantikan peran laptop untuk bekerja. Surface Pro 2 misalnya, tablet ini lebih mirip dengan Ultrabooks dibanding tablet kebanyakan.

Di tambah, munculnya tablet Windows 8 membuat pengguna bisnis akhirnya memiliki akses ke sitem operasi desktop. Sementara itu, tablet hybrid seperti ASUS Transformer Book T100 telah membuktikannya. Diharapkan tahun ini akan ada lebih banyak lagi tablet yang memiliki kemampuan sama untuk dirilis.

Bagaimana menurut Anda, apakah 4 teknologi mobile tersebut akan mengubah cara Anda melakukan bisnis di 2014?

Editor: Wahid FZ | Foto: smartphonenews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.